Fitur SOS Darurat Satelit Apple Bakal Meluncur ke iPhone 14 Dalam Waktu Dekat
Apple meluncurkan iPhone 14 beberapa waktu lalun(foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Saat Apple meluncurkan iPhone 14 beberapa waktu lalu, perusahaan mengungkapkan akan membuat layanan SOS Darurat melalui fitur Satelit, tapi semenjak itu tidak ada kabar kelanjutan dari fitur ini. Sekarang, Apple memberikan petunjuk baru.

Dilihat pertama kali oleh MacRumors, dalam laman dukungan perusahaan, SOS Darurat melalui Satelit bakal tersedia dengan pembaruan perangkat lunak iOS 16 pada November 2022.

Diketahui, iOS 16.1 diluncurkan pada akhir Oktober, dan iOS 16.2 diharapkan diluncurkan pada Desember, sehingga fitur penyelamat jiwa iti diklaim akan hadir dengan iOS 16.1.1 dalam beberapa minggu mendatang.

Fitur SOS Darurat ini akan membantu pengguna menghubungi layanan darurat saat dalam keadaan buruk terjadi. Jika pengguna berada di luar jangkauan seluler dan Wi-Fi, iPhone mereka akan menghubungkan ke bantuan yang dibutuhkan melalui satelit.

Pesan yang dikirim melalui SOS Darurat melalui Satelit dapat mencapai tujuan mereka hanya dalam 15 detik, tetapi hanya ketika pengguna memiliki pemandangan langsung ke langit.

Namun, jika pengguna berada di bawah pohon atau terhalang gedung mungkin membutuhkan waktu lebih dari satu menit untuk dikirim. Jika tidak ada masalah, fitur ini akan hadir untuk keempat model iPhone 14, termasuk iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Melansir TechRadar, Rabu, 9 November, lebih dahulu fitur ini akan menjangkau pengguna AS dan Canada, diharapkan akan diluncurkan di negara lain menjelang akhir 2023.

Apple mengatakan SOS Darurat melalui Satelit akan gratis untuk semua pengguna iPhone 14 selama dua tahun pertama setelah peluncurannya. Artinya, fitur tersebut akan menagih biaya berlangganan atau pembayaran per penggunaan pada akhir 2024.