Bagikan:

JAKARTA - Aturan kontrol ekspor Amerika Serikat (AS) yang baru memaksa Nvidia menciptakan GPU khusus untuk pasar China. Chip itu yakni A800, diklaim sebagai pengganti A100 tetapi memiliki tugas yang sama.

Pertama kali dilaporkan Reuters, aturan perdagangan AS yang ditetapkan awal tahun ini membatasi kegiatan ekspor chip canggih atau peralatan pelatihan AI ke negara-negara seperti China dan Rusia.

Aturan tersebut dibuat dalam mencegah produk teknologi tinggi tersebut jatuh ke tangan militer dan digunakan untuk pengumpulan intelijen dari komunikasi digital atau citra satelit. Itu membatasi kecepatan transfer chip di bawah 600GB/dtk.

Sementara, GPU A800 baru memiliki kecepatan transfer 400GB/. GPU A800 seharusnya sama bagusnya untuk tugas-tugas sederhana tetapi akan kurang efektif ketika digunakan pada superkomputer.

Seorang juru bicara Nvidia yang tidak disebutkan namanya mengatakan GPU tersebut adalah produk alternatif dari GPU A100 untuk pelanggan di China yang memenuhi uji jelas dari Pemerintah AS, guna mengurangi kontrol ekspor dan tidak dapat diprogram untuk melebihinya.

Dilansir dari Tom's Hardware, Rabu, 9 November, GPU A100 banyak digunakan di superkomputer oleh Oracle, Tesla dan Meta. Ini adalah GPU inti Tensor berdasarkan arsitektur Ampere.

GPU A100 banyak digunakan untuk AI, dan tugas-tugas pembelajaran mendalam seperti pengenalan gambar dan ucapan, serta komputasi kinerja tinggi. GPU ini menampung memori hingga 80GB per chip, bandwidth memori tercepat di dunia pada 2TB/dtk, dan kemampuan untuk terhubung bersama melalui PCIe Gen 4 yang memungkinkan ribuan GPU bekerja secara bersamaan.

Nvidia bukan satu-satunya perusahaan yang terpengaruh oleh aturan tersebut, AMD pada September lalu mengatakan kepada Reuters bahwa ia tidak bisa lagi menjual MI250-nya.

Chip tersebut juga digunakan dalam superkomputer di negara Asia yang berpenduduk padat. Dalam laporan yang sama, diklaim Nvidia akan kehilangan 400 juta dolar AS setara Rp6,2 triliun hanya dalam satu kuartal jika tidak diberikan pengecualian, sesuatu yang tampaknya dibuat untuk dielakkan oleh chip baru.