Harga GPU di China Anjlok Pasca Ethereum Merge, Terendah Sepanjang Sejarah!
Harga GPU terjun bebas setelah Ethereum Merge. (Foto; Dok. Gamerant)

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, Ethereum berhasil merampungkan The Merge, yang merupakan proses peralihan ETH dari model Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS). Itu artinya, Ethereum tidak akan bisa ditambang (mining) lagi dan sebagai gantinya hanya bisa di-staking. Ethereum Merge dilaporkan telah merugikan perusahaan kartu grafis (GPU) di China.

Sebagaimana dilansir dari media lokal SCMP, krisis Ethereum memicu penurunan harga GPU di China, yang menyebabkan penjualan mencapai hingga ke “level terendah dalam sejarah.”

Penurunan GPU ini diakibatkan karena terjadinya penurunan permintaan dari para penambang Ethereum. Para penambang atau miner biasanya membeli kartu grafis mahal seperti Nvidia GeForce RTX 3080, RTX 3080 Ti, atau RTX 3090. Akibatnya,  vendor terpaks harus menurunkan harga GPU tiga kali lipat dari nilai yang disarankan oleh pabrik GPU.

Karena rendahnya permintaan dari para penambang, GPU kelas atas seperti RTX 3080 turun selama tiga bulan terakhir lebih dari 37 persen, dari 8.000 yuan (1.140 dolar AS) menjadi kurang dari 5.000 yuan (712 dolar AS), menurut seorang pedagang di pasar Shanghai, Peng, kepada SCMP.

Peng menyatakan bahwa situasi ini dapat berlanjut karena beberapa skenario negatif yang mengelilingi pasar kripto, seperti runtuhnya bitcoin, larangan penambangan China, dan bahkan kebijakan lockdown baru akibat COVID, yang hanya memperburuk situasi.

“Ketika gelombang penambangan bitcoin berada di puncaknya, orang-orang dari perusahaan pertambangan hanya berjalan di toko-toko dengan uang tunai dan mengambil semua kartu grafis yang kami miliki di toko [...] Tidak ada yang membeli komputer baru karena virus corona, belum lagi mereka yang ingin memasang kartu grafis baru,” kata Peng.

Sementara itu, menurut pedagang lain yang mengaku bermarga Liu, menuding Ethereum Merge sebagai pemicu jatuhnya harga GPU. Pasalnya sejak rumor The Merge beredar dalam dua bulan terakhir, GPU low-end turut mengalami penurunan hingga lebih dari 50 persen. Ini menyebabkan para penambang ETH untuk menjual perangkat keras mereka dengan kerugian besar.   

“Saya memiliki pelanggan yang membeli kartu RTX 3080 seharga 9.400 yuan akhir tahun lalu, dan sekarang dia harus menjualnya dengan harga kurang dari setengah harga itu, meskipun model spesifik itu tidak cocok untuk menambang,” papar Liu.

SCMP melaporkan bahwa pedagang kartu grafis Buy Now, salah satu pasar elektronik lokal terbesar di Shanghai, “diam saja” saat mereka menyaksikan euforia para penambang setelah Ethereum Merge melewati mereka.

Beberapa minggu kemudian, para pengecer GPU di China tiba-tiba menurunkan harga GPU dari yang disarankan perusahaan. Mereka terpaksa menurunkan lebih dari 33 persen dari harga normal.

Beberapa peneliti memperkirakan bahwa harga GPU turun rata-rata 10 persen setiap minggu sebelum The Merge. Meskipun "crash" ini dapat mengakibatkan penutupan banyak toko elektronik, bagi yang lain, ini adalah akhir dari mimpi buruk selama dua tahun di mana pengecer menaikkan harga GPU sebanyak mungkin karena tingginya permintaan yang mereka miliki dari para penambang.

Yang paling terdampak dari penurunan harga GPU ini adalah penambang kripto. Bersamaan dengan itu, pihak lain juga merasa diuntungkan dengan penurunan tersebut seperti para gamer, desainer, pembuat konten, dan sebagainya. Sebab, sebelumnya mereka kesulitan mendapatkan GPU karena sudah diborong oleh para penambang cryptocurrency.