The Merge Berdampak Positif pada Pembuatan Blok Baru Ethereum, Harga <i>VGA Card</i> Juga Turun
Pembentukan blok baru Ethereum kini lebih murah dan hemat. (foto: blog ethereum)

Bagikan:

JAKARTA – Tujuan utama dari upgrade Merge untuk Ethereum, adalah berusaha untuk mentransisikan blockchain menjadi mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS). Hal ini juga dianggap telah berdampak positif pada pembuatan blok Ethereum baru.

The Merge dianggap sebagai salah satu peningkatan paling signifikan untuk Ethereum. Sebagai hasil dari hype, banyak kesalahpahaman seputar biaya gas yang lebih murah dan transaksi yang lebih cepat mengganggu ekosistem crypto, yang dibantah oleh Cointelegraph.

Namun, beberapa peningkatan nyata yang dialami oleh blockchain pasca-The Merge termasuk peningkatan tajam dalam pembuatan blok harian dan penurunan substansial dalam waktu blok rata-rata.

Pada 15 September, Ethereum menyelesaikan upgrade Merge setelah berhasil mentransisikan jaringan ke PoS. Pada hari yang sama, jumlah blok yang dibuat setiap hari melonjak sekitar 18% — dari sekitar 6.000 blok menjadi 7.100 blok per hari.

Melengkapi langkah ini, waktu blok rata-rata, yakni waktu yang dibutuhkan penambang atau validator dalam jaringan untuk memverifikasi transaksi, untuk Ethereum turun lebih dari 13%, sebagaimana dibuktikan oleh data dari YCharts. Temuan di atas menunjukkan dampak positif dari peningkatan The Merge pada blockchain Ethereum.

Setelah peningkatan Ethereum, harga GPU di China mengalami penurunan yang signifikan karena blockchain menjauh dari mekanisme konsensus proof-of-work (PoW) yang memerlukan banyak daya listrik.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, harga Nvidia GeForce RTX 3080 turun dari 8.000 yuan (Rp 17 juta) menjadi hanya 5.000 yuan (Rp10 Juta) dalam waktu tiga bulan. Bahkan menurut seorang pedagang Cina, menyatakan bahwa tidak ada seorang pun di China yang membeli komputer baru, apalagi GPU baru.