Peneilitian Tunjukkan Kerusakan Iklim Akibat Bitcoin Secara Global Capai Rp182 triliun
Bitcoin menyumbang kerusakan iklim secara global. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan hari ini di jurnal Scientific Reports, kerusakan lingkungan dan sosial yang ditimbulkan oleh Bitcoin di dunia sebanding dengan industri yang terkenal berpolusi seperti produksi daging sapi dan minyak mentah yang dibakar sebagai bensin.

Penelitian tersebut menemukan bahwa setiap 1 dolar AS dalam nilai pasar Bitcoin menghasilkan rata-rata 35 sen dalam kerusakan iklim global antara 2016 dan 2021.

Sebagai perbandingan, bensin menghasilkan 41 sen, dan produksi daging sapi bertanggung jawab atas 33 sen dalam kerusakan iklim. Dalam hal nilai ekonomi dan dampak lingkungan, Bitcoin terkadang dibandingkan, walaupun masih kontroversial, dengan emas. Studi baru ini menemukan bahwa kerusakan iklim dari Bitcoin sebenarnya 8,75 kali lebih besar dari emas.

“Jika dibandingkan dengan penambangan emas, bagian kerusakan iklim Bitcoin hampir mencapai urutan besarnya lebih tinggi,” kata Andrew Goodkind, rekan penulis studi dan asisten profesor ekonomi di University of New Mexico, kepada The Verge via email.

Untuk memperkirakan biaya dolar dari kerusakan di masa depan bagi planet ini dari perubahan iklim, para peneliti menggunakan metrik utama yang digunakan dalam pembuatan kebijakan.

Dalam kebijakan, para peneliti melihat "biaya sosial karbon," yang mempertimbangkan hal-hal seperti kerugian dalam produktivitas pertanian dan tenaga kerja dan kehancuran yang disebabkan oleh naiknya permukaan laut.

Para peneliti menggunakan model iklim dan data lain untuk menghitung berapa banyak kerusakan, dalam dolar AS,  yang mungkin terjadi untuk setiap ton tambahan karbon dioksida yang masuk ke atmosfer.

Jaringan Bitcoin memang terkenal memakan listrik sebanyak penggunaan di negara kecil setiap tahunnya. Sebagian besar energi digunakan untuk memverifikasi transaksi dan “menambang” koin baru. Penulis studi memperkirakan konsumsi listrik keseluruhan jaringan dan emisi karbon dioksida pemanasan planet yang dihasilkannya sebagai hasilnya.

Kemudian mereka menerapkan perkiraan biaya sosial karbon untuk menerjemahkan emisi CO2 tersebut ke dalam kerugian dolar. Dengan biaya sosial karbon sebesar 100 dolar AS per ton (Rp15,2 juta), para peneliti menemukan bahwa kerusakan iklim rata-rata 3,088 dolar AS untuk setiap koin yang ditambang. Antara 2016 dan 2021, para peneliti memperkirakan bahwa total kerusakan iklim Bitcoin secara global mencapai 12 miliar dolar AS (Rp182 triliun).

Peringatannya adalah masih banyak perdebatan yang berputar-putar tentang berapa sebenarnya biaya sosial per ton karbon. Menggunakan 100 dolar AS per ton sebagai dasar mereka, para peneliti mengambil semacam pendekatan tengah jalan.

Pemerintah AS, misalnya, menempatkan biaya sosial karbon pada 51 dolar AS (Rp 776 ribu) per ton ketika menyusun peraturan untuk polusi. Namun angka ini yang dianggap terlalu rendah oleh banyak ahli. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature bulan sebelumnya menempatkan biaya pada 185 dolar AS (Rp2,8 juta)  per ton.

Terlepas dari itu, para peneliti menunjukkan bahwa kerusakan iklim Bitcoin tumbuh dari waktu ke waktu, baik menggunakan perkiraan rendah atau tinggi untuk biaya sosial karbon. Temuan mereka muncul setelah upaya lain untuk mengukur seberapa besar dampak penambangan Bitcoin terhadap planet ini.

Cryptocurrency yang haus energi bertanggung jawab atas polusi pemanasan planet sebanyak setiap tahun seperti semua bahan bakar diesel yang digunakan di jalur kereta api negara, menurut laporan September dari Kantor Kebijakan Sains dan Teknologi Gedung Putih.

Laporan September lainnya dari kelompok lingkungan Earthjustice dan Sierra Club sampai pada kesimpulan yang sama, bahwa penambangan crypto memompa sekitar 27,4 juta ton CO2 dalam setahun, yang tiga kali lebih banyak dari polusi dari pabrik batu bara terbesar di AS pada tahun 2021.

Dengan peningkatan tekanan untuk membersihkan industri crypto, Bitcoin sekarang menjadi outlier dalam hal dampak lingkungannya. Saingan terdekatnya, Ethereum, baru-baru ini menyelesaikan pembaruan perangkat lunak utama untuk secara drastis mengurangi konsumsi energinya dalam acara yang sangat dinanti bernama The Merge.

Goodkind menunjukkan itu sebagai contoh solusi potensial untuk membuat cryptocurrency lebih berkelanjutan. Jika Bitcoin membuat pembaruan serupa, “kerusakan iklimnya diperkirakan dalam pekerjaan ini, kemungkinan akan diabaikan,” kata studi tersebut.