Perusahaan <i>Hosting</i> Tambang Bitcoin, Compute North, Ajukan Kebangkrutan Dampak Musim Dingin Kripto
Compute North telah mengajukan kebangkrutan bab 11. (foto: twitter @computenorthllc )

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan hosting penambangan Bitcoin (BTC) Compute North telah mengajukan kebangkrutan bab 11 di tengah meningkatnya tekanan pada perusahaan karena efek musim dingin kripto dan meningkatnya biaya energi. CEO Compute North ,  Dave Perrill juga telah mengundurkan diri tetapi akan tetap menjadi dewan direksi.

Perusahaan mengajukan pengajuan kebangkrutan Bab 11 di Pengadilan Kepailitan Amerika Serikat untuk Distrik Selatan Texas pada hari Kamis, yang sekarang tertunda di hadapan Hakim David Jones.

Di bawah pengajuan Bab 11, perusahaan masih dapat mempertahankan operasinya saat menyusun rencana untuk membayar kreditur. Pengarsipan dilaporkan menguraikan bahwa Compute North berutang sekitar  500 juta dolar AS kepada 200 kreditur, sementara asetnya dikatakan bernilai antara  100 juta dan  500 juta dolar AS.

Compute North menawarkan layanan dan fasilitas hosting penambangan kripto skala besar, perangkat keras, dan kumpulan penambangan BTC. Ini adalah salah satu penyedia pusat data terbesar di AS dan memiliki mitra ternama di sektor pertambangan BTC, seperti Compass Mining dan Marathon Digital.

Kedua perusahaan telah mengeluarkan pernyataan melalui Twitter, mencatat bahwa dengan informasi yang mereka miliki pada tahap ini, operasi bisnis mereka akan berlanjut seperti biasa.

“Staf Compute North memberi tahu kami hari ini bahwa pengajuan kebangkrutan tidak boleh mengganggu operasi bisnis. Kami terus memantau situasi dan akan memberikan pembaruan lebih lanjut saat tersedia,” kata Compass Mining yang dikutip Cointelegraph.

Kinerja bearish BTC pada tahun 2022 memiliki dampak yang signifikan pada sektor pertambangan tahun ini, dan dalam konteks Texas, kenaikan biaya energi dan pemadaman listrik berganda selama gelombang panas yang hebat juga tidak membantu.

Reporter Bloomberg Business David Pan menyoroti di Twitter bahwa Compute North mungkin telah terkena dampak penundaan yang mahal terhadap fasilitas penambangan besar di Texas yang tidak dapat dimonetisasi selama berbulan-bulan.

“Fasilitas penambangan besar 280MW Compute North di TX seharusnya menjalankan rig pada bulan April tetapi tidak bisa karena persetujuan yang tertunda. Sejak saat itu hingga akhir tahun ini ketika akhirnya dapat memberi energi pada mesin, harga Bitcoin telah melalui beberapa siklus penurunan, peluang penggalangan dana mengering dan pemberi pinjaman utama dikurangi, ”tulisnya.

Compute North menambah daftar panjang perusahaan crypto yang telah menjadi korban musim dingin crypto atau, dalam beberapa kasus, membantu menciptakannya, termasuk Voyager Digital, Three Arrows Capital, Celsius Network dan BlockFi, untuk beberapa nama.