Sering Bicara Soal Kripto dan Blockchain, Edward Snowden Diberi Kewarganeraan Rusia oleh Presiden Vladimir Putin
Edward Snowden bersama keluarga di Rusia. (foto: twitter @Snowden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan telah memberikan kewarganegaraan kepada whistleblower Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat, Edward Snowden, yang telah tinggal di negara itu sejak 2013.

Menurut Reuters, Senin 26 September, Putin menandatangani dekrit yang secara efektif mengubah status hukum Snowden di Rusia dari penduduk tetap menjadi warga negara. Pelapor NSA ini telah berada di pengasingan dari Amerika Serikat menyusul kebocoran ribuan dokumen rahasianya kepada wartawan. Namun ia juga terus berbicara tentang masalah-masalah termasuk keamanan nasional di samping cryptocurrency dan teknologi blockchain.

Sementara Putin telah mengambil tindakan legislatif di Rusia yang tampaknya membatasi penggunaan crypto – termasuk melarang penggunaan aset digital sebagai pembayaran dalam undang-undang Juli – Snowden telah sering berbicara tentang manfaat cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC).

Pelapor yang kini warga negara Rusia mengungkapkan pada tahun 2019 bahwa ia menggunakan BTC untuk membayar server tempat ia merilis dokumen kebocoran NSA, dan mengatakan pada bulan April ia memainkan peran penting dalam menciptakan token privasi Zcash (ZEC).

“Snowden bukan pengkhianat,” kata Putin dalam wawancara tahun 2017 dengan sutradara film Oliver Stone. “Dia tidak mengkhianati kepentingan negaranya, dia juga tidak mentransfer informasi apa pun ke negara lain yang akan merusak rakyatnya sendiri. Dia seharusnya tidak membocorkan rahasia NSA. Pandangan saya adalah bahwa apa yang dia lakukan itu salah.”

Snowden berpotensi menghadapi tuduhan terkait spionase dari Departemen Kehakiman AS jika dia kembali ke Amerika Serikat. Tidak jelas pada saat publikasi itu apa yang membuat Presiden Putin memberikan kewarganegaraan kepada Snowden, tetapi AS dan Rusia telah menghadapi hubungan diplomatik yang bergejolak setelah invasi Rusia ke Ukraina dan sanksi ekonomi berikutnya yang dijatuhkan oleh AS dan negara-negara lain.

Berbeda dengan Putin yang banyak dikritik karena telah mengambil peran yang lebih otokratis dalam memimpin Rusia, Snowden sering berbicara tentang bahaya pemerintah yang melampaui batas dan perlunya pengawasan.

“Saya tidak peduli jika Anda berada di Amerika Serikat, saya tidak peduli jika Anda berada di Jerman, dan saya tidak peduli jika Anda berada di Rusia, saya tidak peduli jika Anda berada di China. Ini adalah tren global di mana kami melihat pemerintah melakukan lebih banyak,” kata Snowden dalam obrolan api unggun DeData Salon dari 23 September.

“Mereka memiliki kemampuan yang lebih besar karena teknologi bertindak sebagai pembesar kekuatan yang sudah ada sebelumnya. Ini memungkinkan mereka untuk meningkatkan leverage mereka, bukan? Mereka memanfaatkan pengaruh mereka untuk mencoba bertindak dan bersaing tidak hanya di dalam perbatasan mereka sendiri tetapi secara global dan sekarang kita memiliki tuas yang mulai menekan satu sama lain dan itu menyebabkan semacam masalah dan konflik di seluruh dunia,” tambah Snowden.

Status kewarganegaraan Rusia yang dilaporkan Snowden tidak serta merta menghalangi pelapor untuk kembali ke Amerika Serikat. Seorang presiden AS yang sedang menjabat memiliki wewenang konstitusional untuk memberikan penangguhan hukuman dan pengampunan atas "pelanggaran" terhadap negara, yang kemungkinan akan mencakup tuduhan spionase federal.

Namun, terlepas dari seruan dari banyak kelompok advokasi kebebasan sipil, dua pemerintahan kepresidenan sebelumnya belum memaafkan Snowden, dan Presiden Joe Biden juga tidak menyarankan hal itu selama masa jabatannya.