Runtuhnya Harga Bitcoin Diikuti Pula Harga Kartu Grafis yang Anjlok
Harga bitcoin anjlok, harga kartu grafis ikut jeblok. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai akibat langsung dari jatuhnya harga Bitcoin (BTC), total pendapatan yang diperoleh oleh penambang dan imbalan penambangan kini turun ke posisi terendah dalam satu tahun, di hampir 15 juta dolar AS (Rp 224,6 miliar) pada 4 Juli.

Beruntung dalam kondisi itu terjadi pula penurunan harga kartu grafis atau GPU yang membantu penambang untuk mengimbangi biaya operasional mereka di tengah pasar kripto yang tengah lesu.

Pendapatan penambangan Bitcoin turun 79,6% selama periode 9 bulan, sejak mencapai level tertinggi sepanjang masa sebesar 74,4 juta dolar AS (Rp 1,1 triliun) pada 25 Oktober 2021. Selain itu, kekurangan chip global dan pandemi virus COVID-19 telah menaikkan harga bagian terpenting dari rig penambangan yakni unit pemrosesan grafis (GPU), yang selanjutnya berdampak pada keuntungan para penambang.

Harga GPU memang telah mengalami penurunan besar-besaran dengan beberapa kartu dijual dengan harga di bawah MSRP. Pada bulan Mei saja, harga GPU turun rata-rata lebih dari 15% karena pasokan melebihi permintaan pasar. Selain itu, masuknya GPU baru-baru ini telah memaksa penjual di pasar sekunder untuk menurunkan harga mereka pada rig penambangan bekas.

Cointelegraph sebelumnya melaporkan bahwa beberapa penambang Bitcoin memiliki posisi yang baik untuk bertahan dari pasar lesu yang berkepanjangan karena pendapatan yang rendah harus menopang biaya operasional fasilitas penambangan. Argo, CleanSpark, Stronghold, Marathon, dan Roit adalah beberapa penambang dengan rasio pendapatan pertambangan terhadap biaya operasional yang stabil atau indikasi kesehatan yang baik.

Selain itu, penurunan harga GPU yang sangat cepat membuka jendela kecil peluang bagi penambang kecil untuk mendapatkan peralatan penambangan yang lebih kuat dan efisien. Ditambah dengan persyaratan tingkat hash yang lebih rendah dari 203,6 exa hash per detik, penambang kini membutuhkan daya komputasi yang lebih rendah untuk berhasil menambang blok di blockchain Bitcoin.

Terlepas dari penurunan nyata dalam pendapatan penambangan, Marathon Digital Holdings mengungkapkan untuk terus menumpuk BTC melalui penambangan sambil “terisolasi dengan cukup baik dan diposisikan dengan baik.”

Berbicara kepada Cointelegraph, Charlie Schumacher, VP komunikasi korporat di Marathon Digital, berbagi wawasan tentang keseluruhan operasi mereka

“Sebagai referensi, pada Q1 2022, biaya kami untuk memproduksi Bitcoin adalah sekitar 6,200 dolar AS (Rp 92,8 juta). Kami juga memiliki harga tetap untuk daya, jadi kami tidak tunduk pada perubahan di pasar energi,” ujar Schumacher.