Pergerakan Bitcoin Masih Cenderung <i>Sideways</i>, Apa yang Harus Dilakukan?
Ilustrasi bitcoin (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Bitcoin sejak 24 Juli 2023 hingga hari ini, Selasa 15 Agustus 2023 masih cenderung sideways. Pasangan BTC/USD bergerak kisaran 28.900 hingga 29.800 dolar AS.

Menurut data dari The Block, volatilitas Bitcoin dalam periode 30 hari terakhir saat ini berada pada angka 15,5 persen dimana anjlok dibawah level terendahnya pada Desember 2018 yang berada di angka 18,97 persen. 

"Karena pergerakan Bitcoin sideways menyebabkan aliran transaksi mengarah ke altcoin, terbukti sebagian besar altcoin mengalami penguatan dalam tujuh hari terakhir," ujar Financial Expert Ajaib Kripto, Panji Yudha dalam diskusi bulanan Ajaib Kripto secara daring pada Selasa, 15 Agustus.

Menurut Panji, sideways Bitcoin ini terjadi karena permintaan dan penawaran sama-sama kuat, harga aset jadi cenderung stabil sehingga tren pergerakan harga saham pun horizontal 

"Ketika pergerakan Bitcoin Sideways ini bisa menjadi waktu yang baik untuk mengumpulkan Bitcoin dengan harga lebih rendah. Investor bisa secara bertahap membeli Bitcoin pada harga-harga yang lebih rendah dan menyimpannya sebagai bagian dari strategi jangka panjang," papar Panji.

Lebih dari itu, Panji juga mengungkapkan bahwa para trader dan investor kripto dapat memanfaatkan pergerakan harga sideways untuk mengambil keuntungan. Trader dapat membeli saat harga memasuki level support, dan menjualnya kembali di harga resistance. 

Meski demikian, Panji menyarankan agar trader lebih cermat jika harga turun di bawah level support maka ada kemungkinan harga akan turun menjadi lebih rendah lagi. 

Sebaliknya, jika harga melewati level resistance dan diikuti dengan kenaikan puncak harga yang lebih tinggi, sideways akan berakhir dan masuk ke bull market.

Terkait