Transisi Ethereum dari PoW ke PoS Akan Menjadi Ujian Besar, Kata Vitalik Buterin
Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin. (TechCrunch)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam acara ETH Shanghai Web 3.0 Developer Summit, pendiri Ethereum Vitalik Buterin membahas peralihan dari algoritma Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS). Transisi tersebut sangat ditunggu-tunggu komunitas Ethereum.

The Merge bakal ditayangkan di testnet Ethereum Ropsten selama 18 hari dimulai pada 8 Juni 2022 mendatang. Selama ETH Shanghai, Buterin menjelaskan bahwa transisi akan menjadi ujian besar bagi seluruh ekosistem Ethereum.

“Ini akan menjadi ujian besar, lebih besar dari semua tes yang telah kami lakukan sebelumnya,” ujar Buterin. “Mengambil jaringan uji besar yang ada dengan banyak aplikasi dengan Proof-of-Work, pindah ke Proof-of-Stake.

Roadmap Ethereum yang mencakup The Merge, The Surge, The Verge, The Purge, dan The Splurge. Lebih lanjut, Buterin mengkonfirmasi bahwa The Merge dapat diimplementasikan pada bulan Agustus mendatang.

“Jika tidak ada masalah maka penggabungan akan terjadi pada bulan Agustus,” kata salah satu pendiri Ethereum tersebut.

“Tapi tentu saja, selalu ada risiko masalah. Ada juga risiko penundaan. Jadi September mungkin dan Oktober juga mungkin,” papar Buterin.

The Merge adalah yang pertama dari peningkatan besar Ethereum setelah upgrade London, yang menerapkan mekanisme pembakaran ETH. Setelah The Merge, Ethereum akan mengimplementasikan The Surge, The Verge, The Purge, dan akhirnya The Splurge, dilansir dari Bitcoin.com News.