Harga Ethereum Naik, Indodax Beri Prediksi Soal Etheteum Setelah <i>Shanghai Upgrade</i>
Harga Ethereum naik hingga Rp25 juta (foto: Indodax)

Bagikan:

JAKARTA - Ethereum, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua setelah Bitcoin telah mengalami kenaikan lebih dari 33 persen pada Jumat, 24 Februari, jika dibandingkan dengan awal tahun Januari 2023 kemarin.

Berdasarkan market Indodax, harga ethereum per hari ini pukul 14.00 WIB sudah menyentuh angka Rp25 juta. Di sisi lain, Ethereum akan mengadakan pembaruan yang dinamakan Shanghai Upgrade pada bulan Maret mendatang.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan bahwa Shanghai Upgrade merupakan pembaruan yang berhubungan dengan The Merge Ethereum pada bulan September tahun lalu. Setelah adanya transisi jaringan dari mekanisme proof-of-work (PoW) ke proof-of-stake (PoS), pemilik token ETH bisa mendapatkan fitur staking. Siapapun validator yang ikut menguji PoS ini melakukan staking dengan mengunci minimum 32 ETH. Semua validator terus mendapatkan imbalan staking namun tidak bisa diambil.

Proses Shanghai Upgrade ini pun diketahui sudah melalui beberapa tahap pengujian di beberapa server, seperti server Zhejiang yang sudah berhasil dilakukan, server Sepholia pada tanggal 28 Februari nanti, serta terakhir Server Goerli sebelum hard fork Shanghai ini benar benar diterapkan di mainnet Ethereum.

Menurut Oscar beranggapan positif terkait dampak dari pengimplementasian Ethereum Shanghai Upgrade nanti, di mana dia mengatakan bahwa Implementasi Shanghai Upgrade ini nantinya akan menimbulkan dampak positif pada Ethereum.

"Dengan adanya upgrade ini, investor bisa melihat bahwa Ethereum adalah kripto yang terus berkembang untuk menghadirkan fitur dan pembaruan yang mendukung kinerja Ethereum di masa depan,” ujar Oscar dalam keterangan tertulisnya. 

Lebih lanjut, Oscar menyatakan bahwa nantinya investor akan melihat bahwa Ethereum memang merupakan salah satu kripto yang menjanjikan tidak hanya karena ia merupakan kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua namun fungsi dan pembaruan yang dilakukan oleh developer yang membuat ini semakin menjanjikan terutama untuk investor institusi.

Dengan adanya kabar mengenai Shanghai Upgrade investor ini, Oscar berharap jika investor bisa memanfaatkan momen tersebut dan membaca pergerakan harga Ethereum lebih baik lagi.