Ini yang Dilakukan Pengembang Ethereum Sebelum <i>Upgrade</i> Shanghai
Ethereum dilaporkan akan mendapat peningkatan Shanghai. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Platform smart contract terkemuka, Ethereum dilaporkan akan mendapat peningkatan Shanghai. Tapi sebelum itu, pengembang telah melakukan uji coba terlebih dulu dalam fase yang disebut “Shadow Fork.”

Dalam upgrade Shanghai pengembang akan memungkinkan proses penarikan dari ETH yang telah dipertaruhkan (staking) oleh pengguna. Peningkatan Shanghai kemungkinan akan diimplementasikan pada bulan Maret 2023 mendatang.

Salah satu pengembang perangkat lunak Ethereum, Marius van der Wijden belum lama ini menguraikan bahwa Shadow Fork sempat mengalami sejumlah kendala pada pukul 6, Senin 23 Januari.

"Ini dimulai dengan beberapa masalah karena konfigurasi tidak diterapkan dengan benar di Geth (kami tidak mengizinkan penimpaan konfigurasi mainnet)," tulis van der Wijden di Twitter.

“Untuk saat ini, jaringan  sedang diselesaikan dengan benar, mari kita lihat apakah Potuz dan saya dapat memecahkannya,” tambah Wijden.

Sebelumnya, komunitas Ethereum sempat mempermasalahkan penarikan di jaringan Beacon. Pasalnya, sekitar 16.167.527 ETH masih terkunci dalam kontrak validator. Peningkatan Shanghai ditujukan untuk membuka penarikan belasan juta ETH tersebut.

Menurut statistik dari Beaconscan.com saat ini ada 504.765 validator yang telah mempertaruhkan (staking) ETH mereka dalam jaringan. Pada tahun 2022 lalu, Ethereum berhasil melakukan transisi dari Proof -of-Work (PoW) ke Prof-of-Stake (PoS) dalam fase The Merge. Ujian berikutnya bagi tim pengembang Ethereum adalah Shanghai Hard Fork yang akan mulai diterapkan pada Maret.