Anti Penguntit! Ini Cara Gunakan Email Protection dari DuckDuckGo
DuckDuckGo terkenal karena memiliki mesin pencari yang mengutamakan privasi. (foto: Dok. DuckDuckGo)

Bagikan:

JAKARTA - DuckDuckGo terkenal karena memiliki mesin pencari yang mengutamakan privasi sejak kemunculannya pada 2008, dan sekarang perusahaan mengalihkan perhatiannya ke perlindungan email.

Sekarang DuckDuckGo memiliki layanan Email Protection, sehingga pengguna dapat memiliki alamat email @duck.com yang dapat digunakan sebagai penyangga antara kotak masuk email utama dan dunia luar.

Selain meneruskan pesan masuk ke alamat email utama, DuckDuckGo Email Protection akan menghapus segala teknologi pelacakan yang sering disematkan dalam email, memberi tahu pengirim kapan dan di mana penerima melihat pesan, bahkan mengetahui tautan apa saja yang diklik.

Terlebih, pengguna juga dapat menggunakan layanan ini untuk membuat email alias untuk digunakan saat mengisi formulir di web, dan kemudian menghapusnya jika terlalu menarik banyak spam atau iklan.

Tertarik untuk menggunakan layanan DuckDuckGo Email Protection? Berikut deretan cara yang harus Anda coba, yang dikutip dari Wired, Senin, 19 September.

1. Unduh aplikasi DuckDuckGo Email Protection lebih dahulu di ponsel Android atau iOS Anda.

2. Kemudian, dengan tab browser terbuka ketuk menu titik tiga, lalu pilih Settings dan Email Protection. Setelahnya, ketuk Get Started lalu ikuti petunjuk untuk memilih alamat @duck.com Anda dan tentukan alamat email mana yang harus diteruskan.

3. Setelah memilih alamat Anda, alamat itu akan mulai muncul secara otomatis dalam formulir di DuckDuckGo Privacy Browser.

4. Jika Anda perlu masuk ke pengaturan akun Anda dari dalam aplikasi, ketuk tombol menu tiga titik, lalu Settings dan Email Protection, kali ini Anda akan dibawa ke pengaturan email Anda. Di bawah Account, Anda dapat mengubah alamat penerusan Anda.

5. Ketuk Autofill, dan juga melihat alamat email utama (publik) DuckDuckGo Anda, Anda akan melihat alamat DuckDuckGo pribadi telah dibuat untuk Anda.

6. Ketuk Salin jika Anda ingin menggunakannya dalam formulir web, atau Generate Private Duck Address jika Anda perlu membuat yang lain. Aturan penerusan yang sama berlaku untuk alamat email pribadi Anda dan alamat email publik Anda, tetapi lebih mudah untuk dibuang.

7. Anda juga dapat menggunakan DuckDuckGo Email Protection di browser web desktop, tetapi Anda memerlukan ekstensi DuckDuckGo Privacy Essentials untuk Google Chrome, Mozilla Firefox atau Microsoft Edge yang diinstal.

Selain memberi Anda akses ke alamat dan pengaturan email Anda, add-on itu membantu Anda mencari secara anonim di web, memblokir pelacak tersembunyi di situs web, dan meningkatkan keamanan koneksi situs.