8 Alternatif Mesin Pencari Ini Bisa Jadi Referensi untuk Anda Jika Bosan Menggunakan Google
Tampilan depan mesin pencari Bing dari Microsoft (Foto: Dinda Buana Putri/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Google sudah menjadi teknologi mesin pencari yang paling banyak dan paling bisa diandalkan oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Hanya membutuhkan jaringan internet, Anda sudah dapat mencari informasi apapun yang Anda butuhkan, lewat mesin pencari ini.

Meskipun Google tidak akan hilang, setidaknya dalam waktu dekat ini, untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, atau mungkin Anda hanya bosan dengan mesin pencari Google, Anda dapat mencari mesin pencari lain selain Google. 

Ada beberapa alternatif mesin pencari yang bisa Anda gunakan, beberapa pilihan teratas ini di mesin telusur tanpa filter yang sangat mirip dengan Google. Mesin pencari lain mungkin akan menunjukkan pencarian dari perspektif yang berbeda.

Bing

Bing merupakan situs mesin pencari web yang bernaung di bawah Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Bing bisa dibilang sebagai mesin pencari yang mudah digunakan. Bing juga memiliki visual yang lebih menarik dengan latar belakang gambar yang enak dipandang.

Sama seperti Google, Bing dilengkapi dengan fitur internal seperti konversi mata uang, terjemahan, dan pelacakan penerbangan, menjadikannya mesin pencari yang serbaguna yang membuatnya bertahan di pasar global.

DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah mesin pencari internet lainnya selain Google yang menampilkan informasi dari berbagai sumber. Pencarian DuckDuckGo memberi Anda hasil pencarian yang benar-benar pribadi tanpa pengorbanan dalam kualitas hasil.

DuckDuckGo mengklaim dirinya memiliki semua yang Anda harapkan dalam pengalaman pencarian online, dan beberapa fitur bonus yang membuat pencarian di Internet tidak hanya pribadi, tetapi juga sedikit lebih menyenangkan. 

Di atas semua itu, karena tidak ada riwayat pencarian di DuckDuckGo, Anda akan lolos dari gelembung filter dari hasil yang dimanipulasi.

Ecosia

Ecosia melakukan bagiannya dari sudut yang sedikit berbeda. Mesin pencari ini menggunakan pencarian kustom Bing yang dimodifikasi, dan tidak ada API kelas dua di sini.

Saat Anda melakukan penelusuran, 80 persen keuntungan iklan Ecosia dialihkan ke program penanaman pohon di Burkina Faso, Madagaskar, Indonesia, dan Peru.

Ecosia adalah mesin pencarian tanpa filter, tetapi ia menyoroti situs web yang mengikuti praktik berkelanjutan dengan ikon daun hijau di samping hasil.

Yahoo

Yahoo sudah hadir lebih lama dari Google. Yahoo menjadi mesin pencari paling populer bahkan menjadi salah satu mesin pencari default untuk Firefox.

Hal yang menarik dari Yahoo adalah Yahoo lebih dari mesin pencari, portal Yahoo juga menawarkan email, berita, belanja online, permainan, dan banyak yang lainnya untuk memberi pengalaman bagi pengguna.

Kiddle

Kiddle mungkin bukanlah mesin pencari yang menunjukkan segalanya. Website ini merupakan mesin pencari yang ramah keluarga dan sempurna untuk anak-anak yang sedang ada di tahap ingin tahu segala hal. 

Hasil dari penelusuran di Kiddle juga difilter sesuai dengan usia mereka. Meskipun ada opsi Telusur Aman di Google, itu tidak cukup. Jadi, Kiddle adalah mesin pencari yang merupakan versi kustom dari Google.

Kiddle adalah alternatif yang luar biasa jika Anda mencoba menjauhkan anak-anak Anda dari situs dewasa, platform perjudian, dan bagian bawah pasar gelap web lainnya.

Yandex

Yandex adalah perusahaan teknologi yang membangun produk dan layanan cerdas yang didukung oleh pembelajaran mesin. Yandex telah hadir sejak tahun 1997, dan telah memberikan layanan pencarian dan informasi yang relevan secara lokal dan berkelas dunia. 

Selain itu, Yandex juga telah mengembangkan layanan transportasi berdasarkan permintaan yang terdepan di pasar, produk navigasi, dan aplikasi seluler lainnya untuk jutaan konsumen di seluruh dunia. 

Mirip seperti Google, Yandex menyediakan layanan yang dapat Anda gunakan untuk mencari situs web, gambar, video, dan berita dalam tata letak yang ramah pengguna.

Baidu

Baidu didirikan pada 18 Januari 2000 merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC. 

Baidu menawarkan berbagai berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar. Namun, Baidu memiliki tampilan dalam aksara Mandarin, sehingga Anda mungkin harus menerjemahkannya terlebih dahulu.

Qwant

Qwant merupakan mesin pencari yang jauh lebih visual jika dibandingkan dengan Google, yang mungkin juga menarik bagi Anda karena satu dan lain alasan.

Penyimpanan lokal pada mesin Anda digunakan untuk menyimpan pengaturan dan data Anda. Anda dapat mendaftar dan masuk untuk membuat papan visual dengan mem-bookmark hasil yang Anda suka.

Kebijakan privasi di situs tersebut mengatakan, bahwa semua data pribadi yang terhubung ke ID Anda akan dihapus jika Anda membatalkan akun Anda. 

Mesin pencari juga menggunakan Microsoft Bing, yang berarti bahwa privasi Anda saat menjelajah tidak harus mengorbankan kekokohan pencarian tanpa filter yang Anda nikmati.