DuckDuckGo Mesin Pencari Alternatif Selain Google
Halaman muka DuckDuckGo (Wired)

Bagikan:

JAKARTA - DuckDuckGo dikenal sebagai mesin pencari yang mengutamakan privasi penggunanya. Itulah yang membedakannya dengan Google. Mesin penelusuran internet ini tidak menampilkan profil pengguna dan memiliki sekitar 400-an sumber termasuk Wikipedia.

Pada Agustus lalu, DuckDuckGo memiliki rata-rata 65,2 juta pencarian dalam satu hari. Mesin penelusuran ini menampilkan Jawaban Instan pada halaman pencarian yang dirancang untuk memberi jawaban instan kepada penggunanya tanpa perlu mengklik tautan untuk masuk ke sumber informasi terkait.

Untuk lebih jelasnya, riwayat pencarian pengguna tidak akan dilacak. Tidak hanya itu, data pribadi pengguna juga tidak akan dibagikan dengan perusahaan dari pihak ketiga seperti yang dikutip dari PhoneArena.

DuckDuckGo mendapatkan uang melalui penayangan iklan di jaringannya yaitu Yahoo-Bing. Pada tahun 2018, DuckDuckGo berhasil mengumpulkan 25 juta dolar Amerika Serikat. Perusahaan menargetkan pertumbuhan mesin pencarian ini mencapai 30 persen setiap tahunnya dalam lima tahun ke depan.

Dengan target pertumbuhan sebesar itu, diprediksi perusahaan akan meraup 100 juta dolar Amerika Serikat dalam satu tahun. Tahun lalu, jumlah pencarian yang dilakukan via DuckDuckGo mencapai sekitar 23,7 miliar dengan peningkatan sebesar 62 persen untuk setiap tahunnya.

Pekan lalu, perusahaan berbasis di Paoli, Pennsylvania, AS, ini berhasil mencetak rekor perusahaan. Waktu itu, permintaan pencarian dalam satu hari mencapai 102.251.307, tepat pada 11 Januari.  

“Orang-orang datang kepada kami karena mereka menginginkan lebih banyak privasi, dan biasanya menyebar dari mulut ke mulut. Orang-orang mencari alternatif lain dari model pengamann bisnis teknologi,” ujar Kamyl Bazbaz selaku Wakil presiden komunikasi DuckDuckGo sebagaimana yang dilansir dari USA Today, Senin, 18 Januari.

Platform pencarian ini tersedia untuk iOS, Android dan sebagai ekstensi tambahan di Google Chrome. Jika ditotal, sudah ada 25 juta orang menggunakan layanan mesin pencari ini.

Menurut laporan terbaru, DuckDuckGo telah menangani lebih dari 102,2 juta penarian dalam satu hari. Di mana jumlah ini telah mencatatkan rekor baru perusahaan.

Sebagai informasi tambahan, mesin pencarian populer seperti Google dan platform video YouTube mengumpulkan data pribadi penguna untuk mendorong tampilnya iklan secara masif. Hal inilah yang ingin dihindari DuckDuckGo.