Panduan Jadi <i>Smart Citizens</i> Jakarta, Begini Cara Laporkan Masalah Lewat Aplikasi Qlue
Aplikasi Qlue (Qlue)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap kota memiliki masalahnya tersendiri. Dan setiap pemerintah daerah memiliki cara untuk mengatasi masalah tersebut. Bagi pemerintah DKI Jakarta, mewujudkan Jakarta Smart City menjadi salah satu alternatif dalam memecahkan berbagai masalah ibu kota.

“Smart City meningkatkan partisipasi warga seperti membuat data, aplikasi, memberikan masukan, dan memberikan kritikan,” tulis pemerintah pada lama resmi Jakarta Smart City.

Kontribusi warga berperan penting dalam menyelesaikan problem ibu kota. Oleh karena itu, pemerintah DKI Jakarta merancang delapan kanal pengaduan resmi. Salah satunya adalah aplikasi Qlue.

Aplikasi Qlue (Play Store)

Qlue adalah platform media sosial yang berfungsi sebagai media laporan permasalah kepada pemerintah, pihak swasta, atau berbagi informasi antar warga. Aplikasi ini dikembangkan studio Qlue Performa dan sudah bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta sejak tahun 2014.

Beragam jenis permasalah bisa dilaporkan oleh warga lewat Qlue. Mulai dari sampah yang berserakan, kerusakan fasilitas umum, Pedagang Kaki Lima (PKL), parkir liar, laporan tindak kriminal, hingga potensi aksi teroris.

Tak cuma itu, setiap warga juga bisa melaporkan bencana seperti banjir, pohon tumbang, kebakaran, sampah, hingga lansia hilang. Bahkan, warga juga bisa melaporkan kinerja pemerintah menggunakan aplikasi ini.

Lalu, bagaimana cara untuk melaporkan masalah lewat aplikasi Qlue? Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. 1.     Download aplikasi Qlue. Bisa lewat Play Store atau App Store.
  2. 2.  Selanjutnya, login pada aplikasi. Anda bisa menggunakan Facebook, Google, atau akun yang Qlue yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. 3.     Jika sudah, pilih ikon ‘+’
  4. 4.  Lalu akan muncul tiga menu. Antara lain Lapor  Masalah Umum, Review Tempat, dan Post ke Warga Sekitar. Pilih menu Lapor Masalah Umum.
  5. 5.    Kemudian aplikasi akan mengaktifkan kamera gawai secara otomatis. Pengguna bisa mengambil gambar dari masalah yang ingin dilaporkan lalu klik tombol lingkaran berwarna biru untuk menyimpannya.
  6. 6.   Setelah itu akan muncul beberapa pilihan label laporan. Pilih sesuai jenis masalah yang pengguna hadapi.
  7. 7.    Isi deskripsi singkat pada tabel yang disediakan
  8. 8. Terakhir, laporan tersebut bakal masuk ke layar monitor dan segera ditindaklanjuti pihak terkait.