Aplikasi-Aplikasi yang Berguna saat Banjir Melanda
Tangkapan Layar aplikasi pemantau banjir (Petabencana.id)

Bagikan:

JAKARTA - Curah hujan yang tinggi kerap menyebabkan banjir atau genangan air dalam durasi lama. Terlebih bagi kalian yang tinggal di sekitaran Jabodetabek dan kota-kota besar yang riskan terjadinya banjir. 

Kini ada sejumlah aplikasi pemantau banjir, yang bisa diakses dengan cara mudah melalui internet. Aplikasi-aplikasi ini akan sangat membantu untuk menunjukkan area mana saja yang terdampak banjir dan rute alternatif lalu lintas di suatu wilayah.

Berikut VOI sudah rangkum beberapa aplikasi yang akan berguna ketika banjir kembali terjadi di sekitar Anda. Beberapa di antaranya bahkan memiliki fitur pemantauan ketinggian air atau genangan banjir, serta safety location.

1. Pantau Banjir

Aplikasi Pantau Banjir ini dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Seperti namanya, aplikasi Pantau Banjir ini memiliki sejumlah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk memantau kondisi banjir di sekitar kawasan Jabodetabek.

Lewat platform ini, penggunanya bisa berbagi informasi dan mengetahui seberapa parah banjir di lokasi tertentu lewat laporan foto. Selanjutnya ada informasi di pintu air, wilayah pos pengamatan, lokasi dan jumlah pompa air yang dapat beroperasi. Diketahui, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 50 ribu kali di Play Store.

Tangkapan layar aplikasi Pantau Banjir (Aditya Fajar/VOI)

2. Sistem Peringatan Dini Banjir Provinsi DKI Jakarta

Platform ini dikembangkan oleh Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta yang memiliki fitur status siaga, peta lokasi stasiun Automatic Water Lavel Recorder (AWLR), perkiraan cuaca, laporan masyarakat dan foto kegiatan pemantau Tinggi Muka Air (TMA).

Aplikasi ini juga memiliki fitur pantauan CCTV, kontak penting instansi terkait, serta saran dan masukan. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mendapatkan notifikasi mengenai status siaga beberapa pintu air di wilayah Jakarta dengan rincian waktu dan volume air.

3. Google Maps

Tidak hanya berfungasi sebagai navigasi, aplikasi Google Maps juga memiliki fitur banjir, di mana pengguna bisa menemukan lokasi dan melaporkan informasi penutupan jalan akibat banjir.

Fitur banjir ini akan memperlihatkan tampilan peta yang menunjukkan lokasi banjir dan penutupan ruas jalan. Selain itu, pengguna juga bisa mengakses informasi terkini melalui fitur info terbaru yang akan otomatis masuk ke laman Google Search.

4. PetaBencana.id

Website ini merupakan portal yang menyajikan informasi mengenai titik banjir di Jakarta dan sekitarnya. PetaBencana.id merupakan proyek yang dinaungi oleh Yayasan Peta Bencana sebagai platform gratis bagi masyarakat. 

Kemampuan situs ini sudah cukup ter-update, dengan dengan memanfaatkan informasi secara realtime dari media sosial. Apalagi situs ini telah disokong banyak pihak antara lain USAID, UrbanRISKLab, BNPB, Pacific Disaster Center, Humanitarian OpenStreetMap Team, Qlue, Pasangmata.com, Zurich dan Mapbox.

Selain aplikasi dan website tersebut, masyarakat dapat mendapatkan informasi terkini tentang banjir maupun bencana lainnya lewat media sosial @infoBMKG, @BNPB_Indonesia dan @BPBDJakarta. Lainnya, terkait informasi banjir yang ramai di media sosial, masyarakat dihimbau untuk hati-hati dalam memilah-milih berita yang didapatkan.