Bagikan:

JAKARTA - Invasi Rusia ke Ukraina baru-baru ini membuat twitter meluncurkan layanan Tor untuk membantu orang Rusia menghindari sensor saat menggunakan media sosial ini.

Raksasa media sosial ini memperkenalkan Tor yang memungkinkan pengguna untuk mengakses twitter ketika diblokir di negara tertentu. Sifat anonim Tor juga akan membantu melindunginya dari pengawasan. Tor merupakan solusi sederhana dari twitter terhadap larangan Rusia di jejaring sosial.

Menurut Insinyur perangkat lunak, Alec Muffett, platform ini didasarkan pada versi Enterprise Onion Toolkit (EOTK) yang disesuaikan untuk memenuhi persyaratan produksi Twitter.

Dia menyampaikan kabar tersebut melalui akun Twitter miliknya karena adanya kekhawatiran berita di akun resmi Twitter Safety yang akan menghasilkan lonjakan beban yang membanjiri layanan Tor tepat saat dibutuhkan.

 "Tweet yang paling penting dan paling ditunggu-tunggu yang pernah saya buat. Jaringan Tor juga telah ditambahkan ke halaman browser yang didukung Twitter," tulisnya.

Layanan onion Twitter tersedia di onion saat menggunakan Tor Browser atau alat serupa. Meskipun Anda sudah dapat mengakses situs web biasa Twitter melalui Tor, versi yang baru diluncurkan akan menambahkan lebih banyak lapisan perlindungan ke pengalaman menjelajah yang sudah dianonimkan yang dirancang khusus untuk jaringan.

“Ini adalah komitmen dari platform untuk berurusan dengan orang-orang yang menggunakan Tor dengan cara yang adil,” kata Muffett.

 “Menyiapkan onion address adalah langkah praktis yang menunjukkan bahwa platform secara eksplisit menyediakan kebutuhan orang-orang yang menggunakan Tor," kata Muffett kepada The Verge.

Ketika pemerintahan Presiden Vladimir Putin telah melarang media untuk menentang narasi resmi tentang perang, Twitter mungkin menawarkan salah satu dari sedikit cara untuk mengakses pelaporan objektif di Rusia. Pengguna dapat menggunakan Tor onion untuk memposting tanpa terlalu khawatir bahwa orang lain mungkin melacak aktivitas onlinenya.

Layanan Onion terkadang dijuluki layanan tersembunyi atau layanan "web gelap", meskipun yang terakhir sering merujuk ke situs kriminal yang eksplisit seperti pasar narkoba Jalur Sutra.

Sejumlah situs web menawarkan versi khusus Tor, termasuk mesin pencari DuckDuckGo dan outlet berita seperti The New York Times , BBC , dan ProPublica, dan situs lainnya untuk menerima dokumen dengan aman, juga dijalankan melalui Tor.