Mengenal Lebih dalam Apa itu <i>Copy Trading</i> Kripto dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Ilustrasi mata uang kripto yang sering diperdagangkan dalam copy trading (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Nama copy trading kini mulai dikenal di kalangan trader cryptocurrency. Copy trading merupakan layanan yang memungkinkan pedagang (trader) secara otomatis meniru perdagangan investor mata uang kripto dari pedagang ahli.

Perdagangan cryptocurrency adalah keterampilan kompleks yang membutuhkan pengetahuan luas tentang analisis fundamental dan teknis dan ekosistem cryptocurrency secara keseluruhan. 

Karena masih banyak pedagang yang tidak memiliki kemampuan tersebut, maka mereka berjuang untuk mempelajari banyak keterampilan dengan alat yang dapat membantu pedagang tersebut mengeksplorasi potensi industri cryptocurrency, menyederhanakan perdagangan cryptocurrency yang terlalu rumit dengan mengikuti pedagang ahli.

Apa itu Copy Trading Kripto?

Melansir dari Cointelegraph, copy trading kripto adalah strategi otomatis yang memungkinkan seseorang menyalin metode perdagangan dari pedagang (trader) berpengalaman.

Layanan ini memungkinkan seseorang untuk membeli dan menjual aset kripto untuk mendapatkan keuntungan tanpa menghabiskan banyak waktu untuk meneliti atau mendapatkan kemahiran dalam perdagangan kripto.

Jadi, seorang trader tidak perlu menghabiskan waktu untuk memilih tren pasar atau mempelajari metode trading yang rumit. Mereka hanya memerlukan perangkat lunak untuk meniru apa yang dilakukan oleh trader ahli.

Misalnya, jika trader yang diikuti oleh perangkat lunak copy trading itu menginvestasikan  100 dolar AS untuk membeli koin A, maka perangkat lunak tersebut juga akan membelanjakan  100 dolar AS pada mata uang kripto yang sama. 

Bagaimana Cara Kerja Copy Trading Kripto?

Sebelum Anda ingin menjadi copy trading kripto, hal pertama dan yang paling penting adalah memilih copy trader dan software yang terampil. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang cara memulai perdagangan salinan cryptocurrency:

  • Pilih trader yang tepat: Langkah pertama adalah mengidentifikasi trader yang tepat. Efisiensi copy trading selalu dikaitkan dengan tingkat keahlian trader yang diikuti. Jika trader yang diikuti memiliki keahlian, maka Anda juga akan mengikuti jejak kesuksesannya dan mengurangi risiko tidak diinginkan.
  • Siapkan perangkat lunak: Memilih perangkat lunak yang tepat sama pentingnya dengan memilih trader cryptocurrency yang tepat. Dengan menggunakan perangkat lunak, biasanya Anda dapat mengatur jumlah investasi atau persentase yang sama dengan trader yang ditiru. Yang terpenting, Anda dapat menghentikan perdagangan apa pun yang dibuat oleh perangkat lunak atau dapat memutuskan sendiri tentang menutup posisi tanpa menunggu tindakan dari pedagang utama.
  • Jaga kewaspadaan: Sebagai trader, Anda dapat menyerahkan sepenuhnya pada perangkat lunak untuk bekerja secara otomatis atau melihat sendiri pemilihan portofolio rekan mereka dan mengambil tindakan trading berdasarkan tujuan investasi mereka.

Apakah Copy Trading Kripto Legal?

Tidak perlu khawatir tentang status kelegalan copy trading kripto, karena Badan pengatur seperti Financial Conduct Authority (FCA), Badan Pengatur Keuangan di Inggris Raya, dan European Securities and Markets Authority (ESMA), Regulator Dan Pengawas Pasar Keuangan Uni Eropa, telah mengakui adanya copy trading.

Risiko Copy Trading Kripto

Untuk sebagian pelaku copy trading, efisiensi proses perdagangan itu bergantung pada pilihan platform dan keahlian trader yang diikuti. Salah satu langkah salah, mungkin bisa jadi boomerang untuk Anda.

Ada begitu banyak platform copy trading kripto untuk seorang pedagang amatir yang memiliki sedikit pengetahuan tentang perdagangan mata uang kripto. Seorang trader yang gagal membuat keputusan dengan matang dapat mengakibatkan mereka kehilangan ratusan atau ribuan dolar. 

Seorang copy trader berpengalaman mungkin akan membandingkan fitur di berbagai platform dan meninjau ulasan mereka sebelum sampai pada keputusan.

Saat mencari trader, memilih satu di era media sosial itu menantang. Sebaiknya cari sebanyak mungkin informasi tentang orang tersebut dari segala macam sumber, yang kredibel dan dapat diandalkan,

Sebuah perangkat lunak, tidak akan sempurna 100 persen, itu bisa salah kapan saja dan mulai memberikan hasil yang tidak terduga. Anda perlu memantau proses perdagangan mata uang kripto secara terus menerus untuk mengurangi kerugian.