Bank Digital Revolut Luncurkan Program <i>Cashback</i> Berupa Dogecoin dan Bitcoin
Mata uang kripto Dogecoin. (Foto; Dok. Cryptonomist)

Bagikan:

JAKARTA – Revolut, bank digital asal Inggris resmi meluncurkan layanan anyar yang memungkinkan para penggunanya untuk mengubah kartu kredit atau debit menjadi kartu kripto dan cashback berupa DOGE dan BTC. Ini merupakan langkah terbaru Revolut dalam menawarkan layanan cryptocurrency kepada konsumen.

Untuk mengubah kartu debit/kredit menjadi kartu kripto, pengguna dapat memilih kartu yang tertera di akun mereka. Bagi pengguna yang tidak mau ribet, cukup membuat akun yang baru untuk mengubah kartu mereka. Dengan begitu, komunitas kripto dapat membeli barang dan jasa dengang menggunakan aset kripto.

Selain itu, fitur ini berlaku untuk kartu fisik dan virtual. Selain itu, pengguna berhak untuk mengumpulkan cashback 1 persen dalam Dogecoin (DOGE), Shiba Inu (SHIB), Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), bersama sejumlah kripto lain yang didukung oleh Revolut.

“Orang Inggris akan segera dapat membeli segelas susu dengan Dogecoin karena perusahaan fintech Revolut meluncurkan kartu kripto di Inggris,” tulis keterangan laporan dari Standard News melalui akun Twitter resminya @standardnews, 31 Oktober 2022.

Terlepas dari konsentrasi pada kripto dan teknologi blockchain, bank futuristik Revolut harus menghadapi musik dari gejolak kripto yang telah terjadi untuk bagian yang lebih baik dari 2022.

Menurut wawancara Bloomberg baru-baru ini, CEO Revolut Nikolai Satoransky kesal dengan pendapatan yang dihasilkan oleh crypto pada tahun 2022, yaitu di bawah 5 persen. “Kurang dari 5% cukup menyedihkan dari sudut pandang saya. Saya pikir kripto memiliki banyak potensi untuk sistem keuangan,” jelas Satoransky.

Sebagai perbandingan, tahun 2021 menyerap lima hingga tujuh kali lebih banyak dari itu dan menghasilkan sekitar 30-35 persen dari total pendapatan Revolut. Namun, ini tidak menghentikan bank Inggris untuk berinvestasi lebih banyak di sektor cryptocurrency, karena diyakini sebagai masa depan uang.

“Revolut masih ingin berinvestasi dalam penawaran crypto-nya, meskipun aliran pendapatan ini hampir lenyap selama jatuhnya harga baru-baru ini,” tulis Bloomberg dalam cuitannya, 3 November 2022.

Kendati begitu, Revolut merupakan salah satu bank digital yang mulai memberikan dukungannya terhadap mata uang kripto. Revolut bukan satu-satunya, perusahaan jaringan bioskop terbesar di AS, AMC Theatres juga telah mengumumkan dukungan kriptonya dengan menerima pembelian tiket dengna menggunakan aset digital.