Cara Ampuh Mengatasi WiFi yang Lemot, Biar Lebih Nyaman Kerja dari Rumah
Cara mengatasi wifi lemot (AsiaTatler)

Bagikan:

JAKARTA - Selama pandemi, sebagian besar kegiatan dilakukan via online. Baik melalui ponsel, laptop, atau PC desktop. Maka, ketika sambungan WiFi lemot, wajar jika pengguna merasa kurang nyaman.

Pekerjaan terhambat, download file selalu gagal, bermain gim jadi terganggu, serta selalu telat mendapatkan atau mengumpulkan tugas sekolah. Itu cuma beberapa contoh saja. Pasalnya, dampak internet lambat pada aktivitas online kita untuk saat ini tentu lebih banyak.

Memang, beberapa kota di Indonesia sudah mempunyai akses internet ngebut. Seperti Tangerang yang memiliki kecepatan pengunduhan rata-rata mencapai 18,97 Mbps dan menjadikannya sebagai kota dengan akses internet paling kencang.

Tapi ingat, predikat yang diberikan Speedtest tersebut mengisyaratkan hanya beberapa kota di Indonesia saja yang memiliki akses internet kencang. Sementara kota lain masih terus berjibaku dengan kecepatan internet yang lambat, tidak stabil, serta sering putus sendiri.

Tim VOI sudah mengumpulkan berbagai cara mengatasi WiFi lemot. Sehingga, koneksi internet lewat ponsel atau PC desktop bisa lebih terjaga. Langsung praktikan cara-cara di bawah aja, ya.

Router WiFi (PCMag)

Mengubah Pengaturan DNS Komputer

Jika kamu lebih sering beraktivitas pakai laptop atau PC desktop, ada satu cara mengatasi WiFi lemot yang dijamin ampuh. Kamu bisa mengubah pengaturan DNS pada software browser. FYI, DNS adalah menu pencarian nama pada komputer yang memakai IP atau TCP.

Nah, dengan mengubah pengaturan DNS, maka kecepatan internet pun juga bakal lebih kencang secara otomatis. Jika setelah mengubah DNS koneksi tetap lambat, kamu bisa melakukan flushing dan reset jaringan.

Atur Posisi Antena dari Router

Pasti kamu tidak tahu jika posisi antena pada router bisa memengaruhi kecepatan koneksi internet. Maka agar koneksi internet meningkat, kamu bisa mengatur posisi router dengan menggerakannya ke kanan, kiri, atas, atau bawah.

Selain itu, pastikan juga bahwa tidak ada kabel yang pelindungnya sobek atau terputus. Kondisi tersebut juga berpengaruh besar pada kecepatan internet serta membahayakan pengguna jika tidak sengaja menyentuh.

Jauhkan Router dari Perangkat Elektronik

Sebagian besar pengguna lebih nyaman meletakkan router berdekatan dengan televisi atau pesawat telepon. Padahal, hal itu juga memengaruhi kecepatan internet. Maka, langkah terbaik agar akses internet terjaga adalah meletakkan router jauh dari perangkat internet lain. Contohnya seperti speaker, monitor, hingga AC.

Router Razer Sila (Razer)

Gunakan Router WiFi Terbaik

Menggunakan router kedua yang dipasang pada lokasi strategis bisa mengoptimalakn sinyal WiFi. Kini, sudah tersedia banyak pilihan router WiFi terbaik. Salah satunya adalah router Razer Sila Gaming Grade WiFi mesh.

Razer sudah merancang secara khusus agar router WiFi ini bisa menawarkan kecepatan internet stabil berkelas untuk gaming. Saking tangguhnya performa Razer Sila, majalah PCMag sampai memberinya predikat sebagai router gaming terbaik 2021.

Kini, kamu bisa membeli Razer Sila melalui berbagai e-commerce yang ada di Indonesia. Berdasarkan harga yang penulis dapatkan dari Tokopedia, harga router gaming terbaik Razer Sila kini dibanderol Rp 4,8 juta saja.