Sebelum Beli, Wajib Tahu Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu
HP iPhone (Photo by Arnel Hasanovic on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak cuma sekali masyarakat tertipu penjual yang menawarkan ponsel iPhone dengan harga murah. Paling anyar terjadi pada bulan November lalu, di mana seorang wanita tertipu penjual yang menawarkan ponsel iPhone 11 seharga Rp 8 juta.

Menilik hasil pencarian lewat Google, tim VOI mendapati bahwa peristiwa ini sudah sering terjadi. Tentu dengan variasi jenis produk dan harga yang berbeda. Yang jelas, peristiwa yang sama selalu berulang setiap tahun.

Untuk mencegah pembaca mendapati kerugian yang sama, penulis sudah merangkumkan cara membedakan iPhone asli dan palsu. Ketahui dengan cara cek keaslian iPhone berikut ini.

Cara Cek Keaslian iPhone

Kini, modus operandi kejahatan semakin canggih. Replika iPhone palsu bisa memiliki tampilan yang begitu mirip dengan produk original. Maka, wajar jika banyak pengguna mudah tertipu. Apalagi ditambah iming-iming harga murah.

Untuk meminimalisir penipuan, berikut ini cara cek keaslian iPhone yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Terapkan sebelum melakukan pembelian!

Cek IMEI dan Garansi iPhone

Cara paling gampang untuk mengecek keaslian iPhone adalah dengan cek IMEI. Umumnya, kamu bisa menemukan nomor IMEI tertera pada box iPhone. Setelah mendapatkannya, cek nomor tersebut melalui website resmi Apple.

Jika situs resmi berhasil menunjukan keterangan perangkat, selamat. Tandanya ponsel yang ditawarkan merupakan perangkat asli. Jika tidak, segera pergi dan tunda pembelian.

Amati Kualitas Kamera

Salah satu faktor yang membuat iPhone memiliki banyak penggemar setia adalah kualitas kamera yang mumpuni. Sejak awal perusahaan meluncurkan seri iPhone, fitur fotografi merupakan fitur yang sering ditingkatkan. Baik peningkatan di bagian lensa, fitur pendukung fotografi dan video, hingga teknologi pendukung lainnya.

Oleh karena itu, dengan mengamati kualitas kamera kamu bisa menentukan keaslian iPhone yang ingin dibeli. Maka, ketika membeli perangkat, ada baiknya kamu mengajak teman yang sudah menggunakan ponsel ini. Selanjutnya, bandingkan kualitas kamera antara kedua perangkat.

Didukung App Store

Biasanya, setiap ponsel iPhone asli memiliki App Store yang bisa dipakai untuk mencari dan mengunduh aplikasi. Sehingga, wajar kiranya jika iPhone palsu tidak didukung toko aplikasi bikinan Apple ini.

Tak jarang, toko aplikasi malah digantikan Google Play, platform yang biasanya dimilki ponsel Android. Maka, ketika kamu menemukan ponsel yang dijual didukung Play Store, lebih baik segera tinggalkan.