Desain Layar Lipat iPhone akan Mirip Galaxy Z Flip
Apple (Wired)

Bagikan:

JAKARTA - Apple digadang-gadang akan segera meluncurkan iPhone layar lipat. Kabarnya iPhone akan mengusung desain clamshell untuk bentuk ponsel layar lipatnya.

Kabar ini diungkap dari seorang pembocor informasi ponsel Jon Prosser. Menurutnya, ponsel layar lipat iPhone akan mirip dengan desain Galaxy Z Flip garapan Samsung.

“Dari ukuran serta memiliki bentuk persegi, perangkat ini terlihat mirip seperti Galaxy Z Flip,” ujar Prosser dalam sebuah unggahan kanal YouTube Front Page Tech.

Dari segi desain, ponsel anyar besutan Apple itu akan memiliki mekanisme layar lipat secara horizontal seperti ponsel flip. Melalui video itu, tampak layar depan ponsel yang memiliki bentuk memanjang saat layarnya dibentangkan.

Sedangkan tempat kamera belakangnya memiliki bentuk persegi. Bentuk ini serupa dengan yang dimiliki iPhone 11 dan iPhone 12. Pada bagian atas di area bingkan ponsel tampak dua tombol yang fungsinya belum diketahui.

Prosser memperkirakan bahwa Apple bakal bermitra dengan Samsung sebagai penyuplai komponen ponsel yaitu layar lipat. Sebelumnya, raksasa teknologi asal Korea Selatan, yaitu Samsung, sudah memasok layar OLED untuk iPhone XS dan XS Max sebagaimana yang dilansir dari Forbes.

Ponsel iPhone foldable ini diklaim bakal menawarkan lebih banyak varian warna untuk berbagai target konsumen.

“Salah satu tujuan dari iPhone lipat ini adalah ingin menawarkan berbagai warna, seperti model iPhone pada umumnya. Tujuannya yaitu untuk memberi tahu kepada siapa ponsel ini akan dipasarkan,” kata Prosser.

Pada Juni tahun lalu, Prosser pernah mengungkapkan bahwa Apple mengembangkan prototype iPhone lipat. Prosser juga menambahkan bahwa ponsel besutan Apple ini bakal mempunyai 2 layar yang berbeda dan bisa disambungkan dengan menggunakan sebuah engsel.

Prosser juga menjelaskan bahwa ponsel iPhone lipat itu tidak akan memiliki desain notch. Ponsel tersebut hanya akan menggunakan sebuah ruang kecil yang berfungsi untuk Face ID. Namun, sampai saat ini pihak Apple belum mengabarkan informasi resminya terkait rumor ponsel lipat yang sedang dikembangkan oleh perusahaan.