Seperti Inikah Wujud Ponsel Layar Lipat iPhone?
Ilustrasi iPhone layar lipat (Gizchina)

Bagikan:

JAKARTA - Rumor mengenai ponsel layar lipat Apple telah beredar cukup lama. Namun hal tersebut belum juga dikonfirmasi oleh raksasa teknologi asal Cupertino, AS.

Tapi, informasi terbaru yang dihimpun dari laman Toms Guide, mendapati kabar jika Apple tengah bersiap untuk meluncurkan iPhone yang dengan desain ponsel layar lipat. Disebutkan Apple sedang menguji coba prototipe ponsel layar lipatnya dengan desain clamshell

Berdasarkan analis Apple, Jon Prosser, desain iPhone berlayar lipat itu mirip dengan model Motorola Razr atau Samsung Galaxy Z Flip. Desainnya akan menggunakan dua perangkat terpisah yang disatukan dengan engsel, sehingga iPhone bisa dibuka dan terlipat menjadi ukuran lebih kecil.

Rumor lainnya mengatakan, jika Apple juga menguji coba desain dengan model layar lipat seperti Galaxy Fold atau Microsoft Surface Duo. Prosser menyebutkan Apple sedang menguji iPhone layar lipat itu di salah satu pabrik rekanannya, Foxconn.

Uji coba iPhone dengan mengusung teknologi layar lipat di Foxconn itu bukan berita baru. Sejak beberapa bulan silam, kabarnya Apple meminta Foxconn untuk mengevaluasi komponen mekanisme lipatan yang bisa dibuka tutup lebih dari 100.000 kali.

Hal itu kemudian diperkuat dengan bocoran desain paten yang telah didaftarkan Apple sejak tahun 2016. Di mana perusahaan asal Cupertino, AS itu mendaftarkan beberapa paten desain iPhone dengan layar lipat.

Lebih lanjut, kabarnya ponsel iPhone dengan layar lipat ini akan dibekali panel layar OLED yang dibuat oleh Samsung. Meski demikian, belum ada konfirmasi langsung dari Apple kapan produk ponsel layar lipatnya akan segera dirilis.