Begini Cara Kerja AirDrop yang Digunakan Gisel Kirim Video Mesum ke MYD
Ilustrasi (Photo by Miguel Tomás on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Artis Gisella Anatasia alias Gisel diketahui mengirimkan video mesumnya ke Michael Yukinobu De Fretes melalui AirDrop. Lantas apa itu AirDrop dan bagaimana cara menggunakannya?

Sejatinya, AirDrop merupakan fitur yang memungkinkan semua perangkat Mac dan iOS bisa saling berkirim data secara nirkabel. Layanan ini memanfaatkan jaringan WiFi peer-to-peer antar perangkat dan Bluetooth. 

Fitur ini telah disematkan Apple sejak 20 Oktober 2010. Saat itu Apple memperkenalkan AirDrop pada perangkat Mac dengan OS X Lion, layanan ini kemudian diperluas untuk pengguna iPad maupun iPhone.

Lantas apa bedanya dengan Bluetooth atau mengirim file data via WhatsApp atau LINE? Jawabannya karena tidak semua platform dapat mengirimkan file dalam ukuran data besar. Singkatnya besar ukuran file yang dikirim akan mempengaruhi kuota data yang digunakan untuk berbagi dokumen.

Sehingga pengguna Mac atau iOS bisa mengirimkan beragam file, baik itu foto, notes, playlist, informasi kontak, video dan lainnya dengan cepat serta tidak memakan kuota data. Apple mengklaim foto maupun dokumen bisa langsung dikirim dengan kualitas gambar yang tajam dalam ukuran file aslinya.

Meski demikian, pengiriman data via AirDrop harus dilakukan dalam jarak dekat. Itu berarti pengguna tidak harus terhubung dalam satu jaringan internet untuk mengkoneksikan AirDrop.

Singkatnya, fungsi AirDrop pada iPhone mirip seperti NFC pada Android. Karena pengguna harus mengaktifkan WiFi dan Bluetooh untuk mendeteksi perangkat terdekat agar bisa terhubung. 

Cara Menggunakan AirDrop

Bagaimana cara menggunakan AirDrop? Jika belum pernah memanfaatkan fungsi AirDrop, pengguna bisa menemukan fitur ini pada menu Control Panel. Cukup geser bagian bawah layar iPhone atau iPad, lalu sentuh ikon AirDrop untuk mengaktifkan fitur koneksinya.

Setelahnya fitur AirDrop diaktifkan, pengguna bisa menyesuaikan pengaturan untuk berbagi data. Di mana akan muncul kotak dialog baru dengan pilihan ‘Contacts Only’ untuk mengirimkan data pada orang tertentu yang ada di kontak saja, atau 'Everyone' guna berbagi data dengan semua orang, bahkan di luar kontak sekalipun.

AirDrop (Apple Support)

Jadi sebelum mengirim file atau dokumen, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

- Perlu diingat jika fitur AirDrop ini hanya bisa dipakai oleh sesama pengguna iOS. 

- Pastikan orang yang akan mengirim atau menerima konten berada dalam jangkauan Bluetooth dan Wi-Fi.

- Setelahnya pengguna bisa memilih data yang ingin dikirim dengan menekan tombol Share dan AirDrop. 

- Untuk si penerima cukup menekan tombol Accept pada pesan pop-up yang muncul di perangkat mereka agar proses transfer file dimulai.

Jika pengguna MacBook, fitur ini bisa diakses dengan mengklik ikon Finder > Go dan cari AirDrop. Pengaturannya juga sama dengan iPhone, bisa memilih "Contacts Only" atau 'Everyone'.

Sejauh ini, polisi telah menetapkan Gisel dan Michael Yukinobu De Fretes sebagai tersangka video mesum. Keduanya disangkakan dengan Pasal 4 ayat 1 juncto Pasal 29 dan atau Pasal 8 Juncto pasal 34 Undang-Undang nomor 44 tahun 2008 tentang Pornografi.