Android Punya Fitur <i>Nearby Share</i>, Begini Cara Pakainya
Fitur Nearby Share Android (dok. Google)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini Google telah menggulirkan pembaruan fitur untuk perangkat Android. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membagikan aneka konten seperti file musik, gambar, video atau tautan link berita dari satu ponsel ke ponsel lainnya secara wireless.

Melansir dari The Verge, fitur ini sekilas mirip dengan AirDrop milik Apple yang memudahkan penggunanya untuk berbagi konten antar perangkat. Untuk sementara fitur Nearby Share baru tersedia untuk beberapa ponsel Pixel dan Samsung, tapi Google mengatakan fitur ini akan segera merambah perangkat lain dengan OS Android Marshmallow 6.0 ke atas. 

"Kami akan terus bekerja dengan para mitra kami untuk memboyong Nearby Share ke lebih banyak perangkat Android dalam beberapa minggu ke depan," kata Product Manager Android, Daniel Marcos Schwaycer, sebagaimana dikutip dari Blog Google, Selasa, 1 Agustus.

Cuplikan fitur Nearby Share (dok. Google)

Cara kerja fitur Nearby Share memanfaatkan layanan Bluetooth, Bluetooth Low Energy, WebRTC atau jaringan peer-to-peer seperti Wi-Fi. Google juga menjanjikan fitur ini bakal bisa digunakan secara offline.

Jadi pengguna Nearby Share tidak memerlukan koneksi internet untuk sekadar mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lain, asalkan masih berada dalam radius jangkauan yang didukung oleh masing-masing protokol. Dengan catatan, kedua perangkat telah mendukung fitur Nearby Share. 

Cara Menggunakan Nearby Share

Seperti yang sudah disinggung di atas, fitur Nearby Share hanya bisa digunakan pada ponsel dengan dukungan OS Android 6.0 atau di atasnya. Jadi kalau ingin tahu apakah ponselmu sudah mendukung fitur ini bisa dengan mengakses kolom Quick Setting atau tap menu Device Connections di kolom pengaturan.

1. Untuk mengirimkan data, pengguna bisa memilih data yang ingin dikirimkan dari aplikasi atau file manajer lalu klik opsi 'share' lalu pilih opsi 'Nearby Share'. Setelah itu ponsel akan mencari perangkat terdekat untuk mengirimkan beragam file.

2. Untuk menerima data, pengguna akan mendapatkan notifikasi jika ada data yang akan masuk, dan pengguna akan melihat opsi untuk menerima atau menolak data yang dikirim. Setelah memilih opsi 'Accept', pengguna akan menerima data yang akan disimpan di folder Download.

Tak hanya smartphone, fitur Nearby Share ini rencananya juga bakal mendukung perangkat berbasis OS Chromebook, sehingga memungkinkan pengguna memindahkan file antar perangkat tanpa menggunakan kabel. Namun belum diketahui apakah Google akan mengembangkan fiturnya ini untuk berbagi data ke perangkat lain seperti iOS, Mac atau Windows.