Bagikan:

JAKARTA - Ponsel dengan suhu yang cukup panas tidak dapat dianggap remeh. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Cuaca panas, atau Anda sedang berada di lokasi yang terpapar sinar Matahari.

Tentu saja masalah ini dapat menjadi gangguan bagi penggunanya. Sebenarnya, saat ini sudah banyak smartphone yang dibekali teknologi pendingin bahkan jika ponsel mengalami overheating, maka akan diberi peringatan yang muncul pada layar.

Namun, tetap saja banyak dari pengguna ponsel tidak mengetahui bagaimana cara agar gawainya tidak melulu mengalami panas berlebih. Berikut VOI berikan tips super manjur untuk atasi ponsel yang overheating dikutip dari TechRadar, Senin 31 Agustus.

1. Jangan sembarang menaruh ponsel

Banyak pengguna yang sering kali kedapatan bermain ponsel saat di bawah terik Matahari, sebaiknya hindari hal tersebut, karena sinar Matahari dapat membuat ponsel menjadi hangat dengan sangat cepat.

Begitupun saat Anda berada di rumah, jangan sekali-sekali meletakkannya di dekat jendela. Demikian pula, jangan tinggalkan ponsel cerdas Anda di dalam mobil, atau menaruhnya di saku Anda, sebab itu akan membuat ponsel cerdas Anda memiliki suhu yang terlalu panas.

2. Perhatikan penggunaan casing ponsel

Melihat casing dengan gambar atau motif yang lucu tentu saja sangat menarik perhatian. Tapi, tahukah Anda kalau penggunaan casing yang cukup tebal dapat membuat ponsel Anda cepat panas ketika digunakan.

Meski casing dapat melindungi ponsel saat terjatuh, tetapi juga casing berfungsi sebagai insulasi, jadi jika ponsel Anda menjadi hangat, casing akan menahan panas tersebut, Anda harus melepasnya agar panas dapat menghilang secepat mungkin.

3. Sesuaikan pengaturan ponsel

Jika Anda ingin ponsel Anda tetap dingin, ada beberapa pengaturan berguna yang dapat diubah untuk memastikan ponsel tidak terlalu panas.

Anda bisa mengurangi kecerahan layar ponsel serendah mungkin, meski dapat membuat tampilan layar lebih sulit dilihat, tetapi akan membuat baterai lebih awet. Namun, jika ponsel Anda memiliki kecerahan adaptif, maka secara otomatis akan mengubah kecerahan menjadi maksimal jika Anda berada di luar, jadi pertimbangkan untuk mematikannya.

Selain itu, Anda bisa mematikan jaringan internet jika tidak diperlukan, atau bahkan bisa mengaktifkan mode pesawat. Seperti halnya kecerahan layar, mematikan fitur ini dapat menghemat baterai, yang sangat berkaitan erat dengan suhu ponsel.

4. Jangan paksakan ponsel bekerja berlebihan

Seperti yang sudah dijelaskan, faktor dari ponsel panas bukan hanya menyoal cuaca, hal ini bisa jadi Anda memainkan gim yang intens, mengedit video atau foto dan memainkan ponsel saat mengisi daya.

Jadi jika Anda bisa, hindari bermain gim sebentar, isi daya dengan kecepatan lebih rendah juga tidak akan membuat ponsel memiliki suhu yang panas ketimbang menggunakan teknologi fast charging.

5. Jangan menaruhnya di dalam lemari pendingin

Pengguna sering kali berpikir bahwa menaruh ponselnya di lemari pendingin dapat menghilangkan subu panas secepat mungkin. Hal ini tidak dibenarkan, karena sebenarnya bisa merusak komponen ponsel daripada membantunya.

Jangan sekali-kali mencoba tinggalkan ponsel Anda di lemari es atau freezer, pendinginan cepat pada ponsel cerdas dapat menyebabkan kondensasi tersangkut di dalam perangkat, dapat langsung merusak ponsel dan berpotensi membatalkan garansi Anda.