Bagikan:

JAKARTA - Menghadapi cuaca panas yang tinggi tidak harus selalu masuk ke ruangan pendingin seperti AC dan kipas angin. Melansir dari Health Site, terdapat beberapa cara alternatif untuk membuat tubuh tetap adem meski tanpa menggunakan AC dan kipas angin ketika suhu panas.

1. Minum air yang cukup

Saat berada dalam suhu panas, menghidrasi diri adalah harus dilakukan untuk membuat tubuh tetap adem. Tubuh yang adem tidak akan tercapai jika kekurangan cairan, sehingga perlu minum air yang cukup setiap harinya.

2. Kompres dingin di area nadi

Suhu tubuh dipengaruhi oleh area di otak yang bernama hipotalamus. Bagian ini memengaruhi suhu tubuh tergantung seberapa panas atau dingin kulit, dan titik nadi berpengaruh besar terhadap hal tersebut.

Dengan demikian, Anda dapat menempelkan sesuatu yang dingin di daerah nadi untuk menurunkan suhu tubuh di cuaca panas. Seperti menggunakan kompres es atau handuk dingin yang dimasukkan ke dalam freezer di area leher, pelipis, dan pergelangan tangan.

3. Rendam kaki dan mandi air dingin

Merendam kaki dengan air dingin dapat memberikan efek adem pada tubuh meski tanpa menggunakan AC. Mandi air dingin di malam hari juga bermanfaat menjaga suhu tubuhmu tetap rendah sepanjang malam, meski tidak menggunakan AC saat tidur.