Bagikan:

JAKARTA - Belakangan ini, cuaca dan suhu di beberapa wilayah Indonesia terasa panas menyengat, baik itu saat pagi, siang maupun sore hari. Saat suhu panas, Anda harus mengetahui cara mendinginkan ruangan.

Saat cuaca sedang terasa panas, hal itu dapat membuat aktivitas kita menjadi tidak nyaman. Tapi, ada beberapa cara agar membuat ruangan dalam rumah menjadi sejuk dan nyaman tanpa air conditioner atau AC.

Berikut 4 cara membuat ruangan sejuk di tengah cuaca panas melanda dan tidak perlu menggunakan AC, seperti dilansir dari laman Real Homes pada Jumat, 4 Oktober 2024.

1. Menyetel dua kipas

Bagi mereka yang bertanya-tanya bagaimana cara mendinginkan rumah tanpa AC, salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan adalah membuat kipas bekerja dua kali lipat.

Salah satu kiat jitu adalah meletakkannya di lantai sehingga mendorong udara yang lebih dingin di sekitar rumah. Gunakan kipas lain yang menghadap jendela terbuka untuk mendorong udara panas keluar. Ini adalah ide bagus untuk dicoba, terutama saat tidur yang mengalami kepanasan.

Jika ini tidak berhasil, Anda mungkin ingin berinvestasi pada kipas yang akan melayani dalam jangka panjang. Pastikan untuk menghitung biaya pengoperasian kipas untuk mengurangi anggaran.

2. Buka jendela saat cuaca mulai sejuk

Membuka jendela saat cuaca sedang pengap bukanlah cara yang efektif mengusir udara panas dari dalam rumah. 

"Biasanya insting pertama membiarkan udara segar masuk dengan membuka jendela. Jika di luar lebih panas daripada di rumah Anda, maka jangan biarkan jendela terbuka sepanjang hari," jelas Sahar Saffari, desainer interior di Hi-Spec Design.

"Ide terbaik adalah membuka jendela di pagi dan di malam hari." lanjutnya.

Dengan cara ini, saat udara mulai sejuk, Anda bisa membiarkan udara segar masuk. Tetapi saat udara luar sedang hangat, Anda jangan membiarkannya udara panas masuk ke dalam rumah.

3. Membuka jendela sedikit saja

Pastikan untuk tetap membuka pintu atau jendela sedikit saja pada bagian dalam untuk meningkatkan aliran udara di sekitar rumah. Anda bisa membukanya secara lebar saat sore hari.

4. Mengurangi penggunaan alat penghasil panas

Saat cuaca sangat panas, sebaiknya pertimbangkan kembali penggunaan oven saat cuaca panas.

Di musim panas, cobalah menggunakan penggorengan udara, karena tidak menghasilkan panas sebanyak konveksi dan sangat cocok untuk menghangatkan makanan kecil untuk disantap bersama salad musim panas yang segar. Anda juga akan menghemat tagihan listrik.

Selain itu, ada baiknya mengurangi penggunaan mesin cuci, karena menghasilkan panas. Jika memang harus, pilih siklus yang lebih pendek atau jalankan saat cuaca di luar lebih dingin (sore dan malam hari) sehingga Anda dapat membiarkan sebagian udara panas keluar melalui jendela.