Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengaturan derajat air conditioner (AC) kadang masih cukup membingungkan. Pasalnya pengaturan suhu derajat AC akan berdampak pada kesejukan suatu ruangan. Bagi masyarakat yang masih membingungkan pengaturan suhu mungkin akan bertanya suhu AC 30 derajat panas atau dingin khususnya di Indonesia.

Suhu AC 30 Derajat Panas Atau Dingin?

Perlu diketahui bahwa suhu AC yang dapat menjadikan udara ruangan makin nyaman berkisar antara 22 hingga 25 derajat Celsius. Ada pula yang mengaturnya lebih rendah menjadi 20, namun ada pula yang menaikkan suhunya hingga 30 derajat.

Saat suhu AC diatur di angka 30 derajat, maka udara yang akan berembus dari AC tingkat kesejukannya tidak terlalu jauh dari udara dari luar. Di Indonesia, suhu udara rata-rata adalah 27 derajat Celcius, tergantung wilayah dan kondisi geografisnya.

Sedangkan suhu tubuh manusia normalnya berada di kisaran 36,5 derajat Celsius. Artinya suhu AC 30 derajat Celsius berada di atas rata-rata suhu udara di Indonesia namun di bawah suhu tubuh normal manusia. Jadi bisa dikaatakan bahwa suhu AC 30 derajat tidak akan terasa dingin dan cenderung hangat karena hanya akan mengebuskan sedikit udara dingin ke dalam ruangan.

Tips Mengatur Suhu AC

Agar mendapatkan suhu yang tepat dari AC, ada tips yang bisa diikuti. Tips berikut ini tidak hanya membantu ruangan lebih dingin dan nyaman namun membantu kinerja AC tetap lancar.

  1. Atur di Suhu Ideal

Kenyamanan yang bisa didapatkan lewat AC adalah dengan mengatur suhu antara 22 derajat hingga 25 derajat. Angka tersebut bisa dikecilkan lagi menyesuaikan berbagai kondisi misal jumlah orang yang ada di dalam ruangan, luas ruangan, dan masih banyak lagi. Ketahui juga berapa suhu AC yang sehat.

  1. Terapkan Mode "Cool" atau "Auto"

Mode "Cool" pada AC membantu menjaga ruangan terasa sejuk, sedangkan mode "Auto" membantu AC bekerja secara otomatis menyesuaikan suhu ruangan. Kedua mode bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda.

  1. Kecepatan Kipas Low

Agar kesejukan lebih maksimal, atur kipas (fan speed) pada level medium atau low. Pengaturan ini membantu distribusi udara lebih rata. Sedangkan kipas yang terlalu kencang akan membuat ruangan lebih berangin sehingga udara dingin cepat hilang.

  1. Jaga Ruangan Tertutup

Saat menyalakan AC pada suhu ideal, pastikan dulu lubang di ruangan tertutup rapat. Jangan buka jendela, pintu, atau membiarkan ventilasi terbuka. Lubang di ruangan akan membuat udara dingin mengalir keluar dan udara panas masuk ke dalam.

  1. Sesuaikan PK

Dalam konteks pendingin ruangan, PK adalah satuan daya pendingin di kompresor. PK berkaitan dengan besar daya yang dibutuhkan oleh AC agar bisa bekerja optimal. Sesuaikan PK dengan ukuran ruangan. Ketahui juga berapa suhu AC agar hemat listrik.

Itulah informasi terkait suhu AC 30 derajat panas atau dingin. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.