Cuaca Panas dan Tips Sejuk di Kabin Mobil
Fitur pendingin AC yang ada dalam kabin mobil. (Dok. Suzuki Indomobil Sales)

Bagikan:

JAKARTA - Cuaca panas yang belakangan mendera wilayah Indonesia telah membuat banyak orang merasa tidak nyaman saat berkendara di luar ruangan, terutama ketika berada di dalam mobil. Selain itu, suhu panas luar juga dapat memengaruhi suhu kabin kendaraan, meningkatkan ketidaknyamanan bagi pengguna mobil.

Hariadi, selaku Asst. to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), mengungkapkan bahwa cuaca panas yang melanda Indonesia bersamaan dengan tingginya tingkat polusi udara saat ini yang sedang menjadi perhatian. Hal ini juga memengaruhi perilaku berkendara, terutama setelah mobil terparkir cukup lama di bawah sinar matahari.

“Hal ini disebabkan suhu panas yang diserap oleh kendaraan dan terperangkap di ruang kabin yang bisa menghasilkan suhu hingga 30 derajat lebih tinggi dari suhu luar ruangan. Situasi ini tentu mengganggu kenyamanan pemilik kendaraan ketika hendak berkendara,” kata Hariadi dalam rilis yang diterima VOI, Senin, 18 September.

Bagi mereka yang ingin mengatasi suhu panas saat menggunakan mobil, ada beberapa tips yang dapat diterapkan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa membantu membuat suhu kabin menjadi lebih nyaman:

1. Menyalakan Mesin Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyalakan mesin mobil. Pastikan transmisi mobil dalam posisi parkir atau netral. Selain itu, pastikan AC belum diaktifkan, sehingga mesin dapat bekerja secara bertahap setelah lama tidak digunakan.

2. Membuka Kaca Jendela Mobil

Setelah mesin mobil dinyalakan, disarankan untuk membuka semua kaca jendela mobil, termasuk kaca pengemudi, kaca penumpang depan, dan kaca belakang. Ini akan membantu menciptakan sirkulasi udara yang lebih baik di dalam mobil. Udara segar dari luar akan membantu menurunkan suhu yang tinggi di dalam kabin, sehingga pengemudi dan penumpang merasa lebih nyaman.

3. Menyalakan Mesin Mobil dan AC

Selanjutnya, nyalakan sistem AC mobil. Pastikan AC diatur pada suhu paling rendah dan tingkat hembusan yang tinggi, atau Anda dapat menggunakan fitur AC Auto selama 2 menit untuk cepat menurunkan suhu di dalam kabin. Setelah suhu kabin kembali normal, Anda dapat menutup kaca mobil dan mengatur suhu AC menjadi lebih nyaman, yaitu sekitar 22-24 derajat Celsius.

4. Menggunakan Sarung Mobil selama Parkir

Untuk menghindari peningkatan suhu yang drastis saat mobil diparkir di bawah sinar matahari, disarankan untuk menggunakan sarung mobil berkualitas baik. Sarung mobil dapat melindungi mobil dari sinar matahari langsung dan juga menjaga cat kendaraan tetap awet. Selain sarung mobil, penggunaan penutup kaca dan pemilihan kaca film berkualitas juga dapat membantu menjaga suhu kabin kendaraan agar tetap sejuk.