Bagikan:

YOGYAKARTA – Pemakaian Air Conditioning atau Air Conditioner (AC) berpengaruh pada tagihan konsumsi listrik. Namun, pengguna bisa tetap berhemat dan menghindari pemborosan dengan menyesuaikan suhu AC secara tepat. Lalu, berapa suhu AC agar hemat listrik?

Berapa Suhu AC Agar Hemat Listrik?

Yang selama ini jadi salah kaprah adalah bahwa pengguna AC akan menyetel AC pada suhu 18 derajat Celcius agar ruangan lebih cepat dingin. Ternyata anggapan itu keliru. Waktu yang dibutuhkan agar ruangan dingin, baik saat penyetelan 18 derajat atau 26 derajat adalah sama. Lalu berapa suhu standar AC yang tepat?

Dikutip dari berbagai sumber, suhu AC standar yakni 24 derajat celcius. Patut diketahui bahwa setiap kenaikan suhu pendingin ruangan per derajatnya bisa dihemat hingga 6 persen energi listrik. Makin rendah suhu maka kompresor akan bekerja semakin lama sehingga membuat tagihan listrik makin naik. Dengan begitu saat Anda membiarkan AC bekerja pada suhu standar yakni 24 derajat celcius, maka tagihan listrik bisa lebih hemat.

Anda juga bisa mempertimbangkan suhu di lingkungan tinggal. Saat tinggal di wilayah dengan suhu 34 derajat celcius ke atas pada siang hari, Anda bisa menyetel AC 10 derajat lebih rendah dibanding suhu lingkungan. Penyetelan tersebut sudah cukup bagi tubuh untuk merasakan sejuk mengingat rata-rata suhu tubuh manusia normal adalah 36 hingga 37 derajat.

Selain menyetel suhu AC dengan tepat, Anda juga harus mempertimbangkan faktor lain misalnya, menutup pintu, jendela, ventilasi, atau lubang lain yang ada di ruangan agar udara dingin yang dihasilkan dari AC tidak bocor.

Selain itu usahakan agar cahaya matahari tidak mengenai langsung ke dalam ruangan. Cara menghalaunya bisa menggunakan tirai. Selain itu matikan pula alat-alat elektronik penghasil panas seperti kulkas, televisi, kompor, komputer, dan lain sebagainya. Saat alat tersebut aktif maka udara dingin akan cepat hilang.

Selain jawaban atas pertanyaan berapa suhu AC agar hemat listrik, Anda bisa mendapatkan artikel lain dengan mengunjungi VOI.ID.