Ketahui 4 Cara Mengurangi Keringat Berlebih Agar Tetap Percaya Diri
Ilustrasi tubuh memproduksi keringat berlebih (Foto: Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Berkeringat merupakan cara tubuh untuk mengatur suhunya. Ketika suhu udara panas, tubuh akan mengeluarkan cairan berupa keringat. Cairan itu kemudian menguap dan mendinginkan suhu tubuh.

Akan tetapi, beberapa orang mungkin memiliki jumlah produksi keringat lebih banyak dibanding orang pada umumnya. Keringat berlebih disebut dengan hyperhidrosis. Keringat berlebih dapat menimbulkan perasaan malu atau kurang percaya diri, terlebih jika meninggalkan bercak atau noda yang terlihat lembap. Dalam situasi ini, ada beberapa cara mengatasi keringat berlebih yang bisa Anda praktikkan.

Cara Mengatasi Keringat Berlebih

Dikutip dari WebMD, Minggu, 5 Maret 2023, cara mengurangi keringat berlebih bisa dilakukan dengan mempraktikkan beberapa hal berikut ini:

  1. Mengoleskan antiperspirant sebelum tidur

Antiprespirant adalah produk yang dirancang untuk menekan produksi keringat berlebih pada tubuh.

Antriprespiran bekerja dengan menghalangi saluran keringat sehingga tidak dapat mencapai permukaan kulit. Keringat masih diproduksi oleh kelenjar, tetapi tidak dapat mencapai permukaan.

ilustrasi antiprespiran
Ilustrasi menggunakan antiprespiran (Foto: Pixabay)

Antiprespiran berbeda dengan deodoran yang berfungsi menutupi bau yang dihasilkan oleh bakteri saat berkeringat.

Terkadang formula produk antiperspiran mengandung deodoran. Sebagian besar antiperspiran yang dapat Anda beli di apotek terbuat dari garam logam yang disebut aluminium klorida.

Untuk hasil terbaik dari antiperspiran Anda, pastikan ketiak Anda bersih dan kering lalu gunakan di malam hari sebelum tidur. Ini karena bahan-bahannya membutuhkan waktu untuk membuat penyumbatan di saluran keringat dan kebanyakan orang berkeringat lebih sedikit, atau tidak sama sekali, di malam hari.

  1. Hindari makanan pedas dan minuman berkafein

Konsumsi makanan pedas dapat membuat tubuh memproduksi keringat dalam jumlah berlebih.

Makanan yang pedas dapat membuat tubuh menjadi hangat. Kondisi ini memicu terbentuknya keringat untuk membuat suhu tubuh Kembali dingin. Reaksi tubuh terhadap makanan pedas sama dengan reaksi terhadap cuaca panas.

Selain makanan pedas, konsumsi minuman berkafein juga dapat membuat tubuh memproduksi keringat berlebih. Pasalnya, kafein dapat merangsang kelenjar adrenal dan menyebabkan telapak tangan, kaki, dan ketiak berkeringat,

  1. Kenakan baju yang breathable

Cara terbaik untuk membantu mengurangi keringat dengan mengenakan baju yang breathable. Baju yang terbuat dari kain yang breathable bisa mencegah penumpukan keringat.

Selain itu, kenakan pula baju berwarna terang karena dapat memantulkan sinar matahari, alih-alih menyerapnya. jadi memakai warna putih dapat membantu Anda tetap sejuk dan mengurangi keringat.

  1. Keep Cool

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, berkeringat adalah cara tubuh untuk mengatur suhunya. Jadi dengan tetap tenang, Anda mengurangi kebutuhan untuk berkeringat.

Dalam cuaca panas, akan sangat efektif untuk menempatkan semangkuk es di depan kipas angin untuk mengalirkan udara dingin ke seluruh ruangan. Ide bagus lainnya adalah membiarkan gorden dan kerai Anda tertutup di siang hari untuk mencegah sinar matahari membuat kamar Anda terlalu panas. Cobalah untuk tetap berada di tempat teduh jika Anda berada di luar ruangan.

Konsumsi makanan kecil lebih teratur dapat membantu Anda tetap sejuk, karena panas metabolisme diperlukan untuk memecah makanan. Tetap terhidrasi dengan baik juga akan menjaga suhu tubuh Anda tetap rendah.

Anda juga bisa menyimpan pelembap di lemari es untuk efek pendinginan saat Anda mengaplikasikannya. Dapatkan sendiri kipas genggam dan jaga agar kepala dan kaki Anda tetap sejuk dengan menghindari topi dan mengenakan sepatu terbuka saat cuaca memungkinkan.

Demikian informasi tentang cara mengurangi keringat berlebih. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.