7 Cara Mengurangi Keringat Berlebihan di Wajah, Apa Sih Penyebabnya?
Cara mengurangi keringat berlebihan di wajah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Keringat berlebihan di wajah tentunya sangat mengganggu kenyamanan dan penampilan. Meski keluarnya keringat merupakan kondisi yang wajar, namun beberapa orang bisa menghasilkan keringat lebih banyak. Jika Anda salah satunya, ada beberapa cara mengurangi keringat berlebih di wajah. 

Biasanya wajah akan mengeluarkan keringat berlebihan ketika menjalani aktivitas berat atau saat cuaca panas. Namun tanpa berada dalam dua kondisi tersebut, beberapa orang juga bisa mengalami keringat berlebih di area wajahnya. Lantas bagaimana penyebab dan cara mengatasi keringat berlebih di wajah?

Penyebab Keringat Berlebihan di Wajah

Keluarnya banyak keringat di wajah bisa menandakan kondisi hiperhidrosis kraniofasial. Wajah yang mengeluarkan keringat berlebihan bisa disebabkan oleh kelenjar keringat yang selalu bekerja, sehingga memproduksi keringat meskipun sedang tidak dibutuhkan. 

Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti penyebab hiperhidrosis primer. Namun kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh faktor genetik. Sementara hiperhidrosis sekunder bisa dipengaruhi karena beberapa penyebab berikut ini:

  • Kelenjar tiroid yang terlalu aktif
  • Infeksi
  • Menopause atau setelah kehamilan
  • Diabetes
  • Gula darah rendah
  • Kegemukan
  • Penggunaan narkoba atau alkohol
  • Encok
  • Radang dingin
  • Tumor
  • Fluoxetine dan obat antidepresan lainnya
  • Iritasi atau penyakit yang mempengaruhi saraf simpatik
  • Penyakit Parkinson
  • Cedera
  • Gangguan sel darah atau sumsum tulang

Cara Mengurangi Keringat Berlebihan di Wajah

Munculnya keringat berlebihan di wajah membuat muka tampak berminyak dan mengkilap. Kondisi ini tentu saja membuat Anda merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri di saat menghadapi situasi sosial. 

Bagi Anda yang kerap mengalami masalah tersebut, berikut beberapa ini cara mengatasi keringat berlebih di wajah:

Cuci Muka dengan Air Dingin

Salah satu langkah yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi minyak berlebihan di wajah adalah dengan mencuci pakai air dingin. Cara ini bertujuan untuk menutup pori-pori kulit wajah yang menjadi tempat keluarnya keringat berlebih. Anda bisa menjalani kebiasaan ini sebelum dan setelah beraktivitas setiap hari.

Tidak Memakai Produk Kosmetik Mengandung Minyak

Pemakaian produk kosmetik memang berperan penting dalam menunjang kecantikan wajah. Namun penggunaan krim, makeup, atau skincare yang mengandung minyak dapat memperburuk masalah keringat di wajah Anda. 

Beberapa produk kosmetik dapat memblokir pori-pori, sehingga mengakibatkan penumpukan kotoran pada wajah. Jadi agar tidak muncul keringat berlebihan di wajah, sebaiknya kurangi penggunaan produk kosmetik yang bahannya berbasis minyak saat cuaca panas.

Menghindari Konsumsi Makanan yang Memicu Keringat

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keringat berlebihan di wajah adalah dengan menghindari makanan tertentu, Ada beberapa makanan yang memicu produksi keringat lebih banyak. 

Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan seperti cokelat, sitrus, dan olahan pedas. Selain itu, minuman berkafein dan alkohol juga perlu dihindari karena dapat menyebabkan tubuh mudah berkeringat.  

Kurangi Pemakaian Makeup

Tidak sedikit orang menggunakan makeup berlapis-lapis untuk mempercantik wajahnya. Namun penggunaan makeup dengan cara tersebut saat cuaca panas justru semakin memperburuk kondisi kulit wajah Anda. Jadi kenakan tampilan makeup yang natural dan sederhana atau tidak berlebihan agar wajah tampak lebih segar. 

Menggunakan Bedak Tabur

Penggunaan bedak tabur juga cukup efektif menyerap keringat dan minyak berlebih pada wajah. Jadi untuk menghindari keluarnya banyak keringat di area muka, Anda bisa memakai bedak tabur secara merata sebelum keluar rumah. 

Kompres dengan Es Batu

Untuk mengatasi keringat berlebihan di wajah, Anda juga bisa melakukan pengkompresan pakai es batu. Bungkus sebongkas es batu dengan lapisan kain bersih untuk diletakkan di wajah. Lakukan cara ini selama beberapa menit agar pori-pori tertutup dan secara efektif mencegah wajah berkeringat.

Memakai Masker Jus Mentimun

Anda juga bisa mengurangi keringat berlebih di wajah memakai bahan alami, yaitu mentimun. Anda bisa membuat sedikit jus mentimun untuk dijadikan masker wajah. Gunakan masker mentimun pada wajah Anda semalaman dan terapkan setiap hari untuk mencegah keringat dan minyak yang berlebih.

Demikianlah beberapa tips atau cara mengurangi keringat berlebihan di wajah. Baca juga artikel buah-buahan yang untuk memperlambat proses penuaan kulit demi menjaga kesehatan kulit Anda.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.