4 Alasan Kenapa Memakai Bedak Wajah Bermanfaat untuk Penampilan
Ilustrasi manfaat memakai bedak wajah (Freepik/lookstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA –  Berkembangnya teknologi dalam formula produk kecantikan, tidak membuat bedak wajah meredup. Justru bedak wajah perlu dimasukkan dalam rutinitas keseharian karena bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, khususnya pada area wajah.

Bedak wajah berbentuk powder atau butiran halus yang didesain secara khusus. Beberapa produk memformulasikan bahan yang tak mudah memudah atau awet menempel pada kulit. Terdapat dua jenis bedak wajah yang populer dikenakan, yaitu bedak tabur dan bedak padat atau compact powder.

Bedak tabur memiliki formula yang ringan dan alami menempel pada kulit. Tetapi bedak tabur enggak bertahan lama apabila dipakai pada siang yang terik dan tipe kulit berminyak. Sedangkan bedak padat, cenderung lebih compact dan mudah dibawa-bawa saat bepergian. Jenis bedak padat juga terlihat lebih ‘kempes’ jika dipakai lebih banyak. Nah, ini penjelasan tentang manfaat bedak wajah untuk penampilan Anda.

1. Bedak wajah meratakan warna kulit

Memakai bedak wajah, bisa membantu meratakan warna kulit. Selain itu juga membuat kulit Anda terlihat lebih halus. Untuk mendapatkan coverage yang diinginkan, Anda bisa memakai basic berupa foundation terlebih dahulu. Kemudian dalam langkah finishing mengaplikasikan bedak supaya warna kulit terlihat lebih merata. Nah, kalau ingin cakupan atau coverage yang ringan, Anda bisa memakai bedak wajah tanpa alas bedak terlebih dahulu.

manfaat memakai bedak wajah untuk penampilan
Ilustrasi manfaat memakai bedak wajah untuk penampilan (Freepik/benzoix)

2. Membantu riasan tahan lebih lama

Alasan kedua kenapa memakai bedak wajah, ialah untuk menjaga riasan tetap menempel lebih lama. Cakupan riasan bisa hanya singkat menempel karena keringat. Keringat atau minyak berlebih berinteraksi dengan pigmen dan riasan lebih mudah meleleh. Agar alas bedak tetap bertahan menempel, Anda bisa memakai bedak wajah tipis. Meski sulit untuk membuat riasan menempel lebih lama, tetapi dengan memakai bedak dapat memperlambat proses melelehnya riasan.

3. Mengurangi mengkilap berlebihan

Bedak wajah pada dasarnya bersifat menyerap. Selain menyerap minyak dan keringat yang membuat riasan meleleh, memakai bedak wajah juga membantu menyerap kulit mengkilap. Untuk mendapatkan cakupan yang optimal dan sesuai dengan keinginan Anda, pilih produk yang tepat, dilansir Beautiful with Brains, Senin, 19 Desember. Beberapa produk bedak wajah, juga menyertakan vitamin dan nutrisi untuk kulit. Ini bisa mengurangi kulit kusam dan menjaganya tetap sehat.

4. Memperbaiki kesalahan makeup

Kalau Anda terlalu banyak membubuhkan perona pipi, maka bedak wajah bisa sedikit menyelamatkan. Bedak wajah bisa membantu membaurkan atau menyamarkan perona pipi agar penampilan terlihat lebih dewy. Baiknya lagi, kalau alas bedak berwarna terlalu gelap dibandingkan skin tone, maka memakai bedak wajah bisa membuatnya berwarna lebih terang dan meratakan warna.