Begini Urutan Make Up yang Benar Agar Tahan Lama dan Hasilnya Tidak Retak, Cocok untuk Pemula
Ilustrasi urutan make up (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Biasanya pemula di bidang make up tidak memperhatikan bagaimana urutan riasan yang benar hingga menyebabkan make up luntur, bahkan paling parah adalah retak atau longsor. Oleh karena itu Anda disarankan tahu urutan make up yang benar untuk meningkatkan kecantikan.

 Urutan Make Up yang Benar

Make up adalah seni tata rias yang bermanfaat untuk membantu memperindah penampilan. Dalam praktiknya, ada banyak kosmetik yang digunakan sebagai penunjang make up. Namun untuk mendapatkan hasil riasan yang maksimal, ada beberapa urutan yang harus diperhatikan yakni sebagai berikut.

  1. Wajah Harus Dibersihkan

Sebelum menggunakan kosmetik di wajah, Anda harus membersihkan wajah lebih dulu. Hal ini penting dilakukan untuk menghilangkan kotoran di wajah yang berpotensi menutup pori-pori di wajah sehingga menggurangi daya rekat make up.

  1. Keringkan Wajah

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan kosmetik saat wajah dalam kondisi basah setelah membersihkan wajah. Oleh karena itu disarankan untuk menunggu wajah sampai kering namun jangan terlalu kering. Gunakan tisu atau untuk menghilangkan tetesan air yang berlebih di wajah. Tingkat kekeringan di wajah adalah sedikit lembab.

  1. Pakai Pelembab

Meski wajah lembab karena air, Anda harus mengoleskan pelembab atau moisturizer ke wajah agar kulit tidak kering  dan lebih sehat. Gunakan pelembab secukupnya, jangan terlalu berlebihan.

  1. Gunakan Primer

Fungsi primer pada make up adalah untuk membuat kulit lebih halus serta membuat warna kulit lebih rata. Primer juga membantu Anda yang punya pori besar di kulit wajah. Selain itu primer juga bermanfaat untuk merekatkan makeup di kulit.

  1. Kenakan Foundation

Make up foundation adalah salah satu kosmetik yang berbentuk bedak untuk menutup bercak di wajah seperti bekas jerawat atau flek hitam karena hal lain.

  1. Kenakan Concealer

Banyak yang salah membedakan foundation dengan concealer. Keduanya memang berguna untuk menyamarkan noda hitam di wajah. Foundation adalah bedak yang dioleskan sebagai alas make up untuk menutupi noda wajah. Sedangkan concealer digunakan untuk menyamarkan noda yang tidak tertutupi oleh foundation.

  1. Bedak Pengunci

Kenakan bedak yang akan membantu mengunci keberadaan foundation dan concealer agar tidak luntur, pecah, atau bergeser. Selain itu bedak juga bermanfaat untuk membantu mengontrol minyak di wajah.

  1. Bentuk Alis

Setelah kosmetik di bagian wajah sudah teraplikasikan di wajah, kini Anda bisa mulai merias hal-hal detil. Alis jadi spot pertama yang dilakukan. Anda bisa mempercantik alis dengan pensil alis, powder, gel, atau jenis produk make up untuk alis lainnya.

  1. Oleskan Eyeshadow

Urutan periasan memang dari atas ke bawah, dari alis hingga ke bibir. Setelah alis dirasa sempurna, Anda bisa mulai mengoleskan eyeshadow sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Kenakan Eyeliner

Saat menggunakan eyeliner, Anda harus hati-hati agar tidak merusak eyeshadow. Eyeliner juga penting karena akan membantu mempertegas bentuk mata dan menimbulkan kesan makin tajam.

  1. Maskara

Pemula juga boleh menggunakan maskara yang diaplikasikan setelah pembentukan eyeliner berhasil. Manfaat maskara adalah untuk menambah efek bulu mata lebih tebal, panjang, dan lentik.

  1. Blush On

Usahakan untuk mengaplikasikan blush on. Kosmetik ini akan menambah rona merah di wajah sehingga Anda akan terlihat lebih segar dan tidak pucat.

  1. Oleskan Pewarna Bibir

Pewarna bibir dalam make up adalah lipstik, lip tint, lip cream, dan sebagainya. Pewarna bibir sangat penting karena akan membantu mengurangi kepucatan pada bibir dan menimbulkan efek lebih segar.  

Itulah informasi tentang urutan make up yang benar. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.