Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemakaian eyeshadow banyak dilakukan oleh kaum wanita. Eyeshadow nggak boleh dilewatkan bagia para wanita yang ingin tampil menarik. Make up item ini berfungsi sebagai riasan mata agar tampak lebih cantik dan atraktif. 

Area mata tak terlepas menjadi objek yang perlu mendapatkan riasan. Salah satunya dengan menerapkan eyeshadow atau perona mata. Saat ini sangat mudah menemukan produk eyeshadow yang dijual di pasaran dengan berbagai merek dan bentuk. 

Produk eyeshadow saat ini telah mengalami perkembangan dari segi tekstur, bentuk, dan warnanya. Ketika mencari eyeshadow, sebaiknya memilih yang bentuknya cocok diaplikasikan di mata Anda. 

Bentuk-Bentuk Eyeshadow

Eyeshadow merupakan produk kosmetik berwarna yang diaplikasikan pada kelopak mata dan area sekitarnya. Produk eyeshadow biasanya berbentuk bubuk yang dipadatkan dalam kemasan. Namun saat ini eyeshadow juga hadir dalam berbagai bentuk lainnya, seperti gel atau spidol.

Anda dapat memilih eyeshadow dalam bentuk padat, krim, cair, atau lainnya sesuai dengan preferensi Anda. Pilihlah warna-warna cantik yang disediakan eyeshadow sesuai dengan karakter dan gaya Anda.

Cream Eyeshadow

Salah satu bentuk eyeshadow yang paling diminati adalah cream eyeshadow. Produk krim eyeshadow ini umumnya dijual dalam kemasan per warna. Eyeshadow ini memiliki formula yang lebih awet dibandingkan dengan yang berbentuk bubuk padat. 

Eyeshadow krim memiliki tekstur halus dengan warna yang lebih intens dan tidak meninggalkan serbuk di kelopak mata. Produk ini ramah bagi pemula karena penggunaannya simpel dan dapat dilakukan dengan jari tangan. Namun cream eyeshadow tidak direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kelopak mata berminyak. 

Prossed Powder

Eyeshadow berbentuk pressed powder dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko kosmetik. Eyeshadow pressed powder sering kali hadir dalam palet dengan beragam pilihan warna yang menarik. Produk ini sangat cocok bagi pemula dalam pemakaian makeup karena bisa untuk semua jenis kulit, baik yang berminyak maupun yang kering.

Cara memakai prossed powder juga relatif mudah, cukup menggunakan kuas eyeshadow untuk meratakan warnanya di kelopak mata. Namun eyeshadow jenis ini kadang tidak tahan lama di mata tanpa primer mata dan formulanya terkadang terlalu serbuk.

Stick Eyeshadow

Stick eyeshadow adalah bentuk eyeshadow yang paling praktis di antara semua jenisnya. Dengan bentuk mirip krayon, stick eyeshadow dapat diaplikasikan dengan mudah. Cara memakainya tinggal mengoleskan langsung pada kelopak mata tanpa perlu aplikator tambahan. 

Eyeshadow jenis ini memiliki tekstur yang hampir serupa dengan cream eyeshadow dan memiliki pigmentasi warna yang sangat baik. Namun kekurangan dari stick eyeshadow adalah formulanya kadang sulit untuk dibaurkan bersama. Meski demikian Anda dapat mengatur ketebalan atau kehalusan, bahkan dapat digunakan sebagai eyeliner juga.

Liquid Eyeshadow

Berbeda dengan jenis eyeshadow sebelumnya, liquid eyeshadow memiliki tampilan yang chic dan dikemas dalam tabung. Produk eyeshadow ini dilengkapi dengan aplikator sendiri untuk pengolesan langsung pada kelopak mata. 

Liquid eyeshadow juga bisa menjadi pilihan bagi pemula, terutama bagi mereka yang memiliki kulit kering. Warna eyeshadow ini memiliki pigmentasi yang sangat baik, terutama ketika diaplikasikan pada hasil akhir riasan mata yang bersinar dan metalik. Karena hanya tersedia dalam satu warna, liquid eyeshadow cocok untuk penggemar makeup monokrom.

Beragam Hasil Eyeshadow di Mata

Eyeshadow tidak hanya memiliki bentuk yang berbeda-beda, namun juga memberikan hasil akhir yang berbeda pula. Berikut ini beberapa hasil akhir eyeshadow yang perlu diketahui supaya bisa memilih produk yang sesuai karakter Anda:

Matte Eyeshadow

Eyeshadow dengan hasil akhir matte tidak memiliki kilau dalam formulanya. Warna matte adalah warna datar yang pigmennya bisa berkisar dari tipis hingga sangat berpigmen. Eyeshadow matte sering digunakan untuk memadukan warna lain dan menciptakan gradasi yang halus.

Shimmer Eyeshadow

Eyeshadow dengan kilau halus dalam formulanya menciptakan tampilan mata yang berkilauan. Formulanya lebih lembut dan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan yang berkilau penuh, tetapi tetap bisa menghasilkan efek yang serupa. Eyeshadow ini sering diaplikasikan dengan kuas atau jari yang basah untuk hasil warna yang maksimal.

Glitter Eyeshadow

Ada beberapa jenis eyeshadow glitter. Salah satunya adalah glitter yang dicampur dengan alas basah atau krim, menghasilkan konsistensi hampir seperti gel yang dapat diaplikasikan pada mata.

Jenis lainnya adalah glitter padat yang dikemas dalam wadah eyeshadow. Ini berbeda dari glitter lepas yang biasanya disimpan dalam stoples. Ada juga glitter longgar, berupa potongan glitter aman untuk mata yang disimpan dalam stoples.

Satin Eyeshadow

Formula satin berada di antara shimmer dan matte, dengan sedikit kilau yang membuatnya mudah untuk dicampur dan diaplikasikan.

Metalik Eyeshadow

Eyeshadow metalik memiliki performa mirip dengan eyeshadow shimmer, tetapi tampak lebih mengkilap dan memberikan efek metalik daripada hanya berkilau.

Demikianlah beberapa bentuk eyeshadow dan beragam hasilnya di mata. Saat mencari eyeshadow, pilihlah produk yang bentuknya sesuai dengan preferensi dan hasilnya cocok untuk karakter mata atau wajah Anda. Baca juga 8 warna eyeshadow natural untuk sehari-hari

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.