Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengertian eyeshadow dan pressed powder eyeshadow bisa dipahami sebagai makeup items yang dibutuhkan dalam merias mata. Biasanya klinik kecantikan memiliki item makeup ini. Bahkan eyeshadow kerap disebut perona mata karena fungsinya tersebut.

Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang eyeshadow termasuk ragamnya yang digunakan sebagai makeup.

Pengertian Eyeshadow dan Pressed Powder Eyeshadow

Secara umum eyeshadow adalah pewarna khusus di bagian kelopak mata yang fungsinya adalah untuk memberi warna atau menimbulkan efek bayangan di mata. Karena fungsinya tersebut eyeshadow kini memiliki berbagai ragam bentuk dan warna.

Sedangkan pressed powder eyeshadow adalah salah satu jenis eyeshadow yang bentuknya padat. jenis eyeshadow ini paling populer dan banyak ditemukan di pasaran karena penggunaannya dianggap lebih mudah dan praktis dibawa ke mana pun.

Kelebihan dari pressed powder eyeshadow adalah mudah diratakan di kelopak mata karena bertekstur kering sehingga kecantikan mata segera tereksplore. Selain itu eyeshadow ini mudah dipakai termasuk saat mengeksplore warna dan bentuk.

Sayangnya, kekurangan pressed powder eyeshadow adalah warna yang dihasilkan kadang kurang maksimal. Biasanya para perias mengaplikasikan pressed powder eyeshadow secara berkali-kali agar lebih terlihat.

Selain itu pressed powder eyeshadow juga tidak begitu tahan lama. Butuh bantuan eye primer agar ketahanannya lebih lama. Disarankan untuk tahu trik agar tampilan makeup bisa tahan lama di wajah. Kadang formula pressed powder eyeshadow juga terlalu powdery.

Pressed powder eyeshadow sendiri cocok untuk pemilik wajah khususnya area kelopak mata berminyak. Selain itu juga cocok untuk kegiatan yang berpindah-pindah karena tersedia dalam bentuk palet dengan beberapa warna yang menarik.

Jenis Eyeshadow

Ragam eyeshadow tidak hanya pressed powder eyeshadow namun ada beberapa bentuk lain yakni sebagai berikut.

  1. Liquid Eyeshadow

Berbanding terbalik dengan pressed powder eyeshadow, liquid eyeshadow berbentuk cair. Biasanya dikemas di wadah tabung dengan aplikator khusus  sehingga lebih mudah dioles ke kelopak mata.

Kelebihan liquid eyeshadow adalah cocok dipakai untuk pemula karena pengaplikasiannya lebih mudah. Selain itu pigmentassi warnanya lebih bagus dan mudah terlihat.  Eyeshadow ini cocok dipakai di kulit kering.

  1. Cream Eyeshadow

Bentuk eyeshadow ini lebih creamy dengan tekstur yang lembut dan warnanya lebih menyala. Jenis ini dijual per warna sehingga kurang cocok jika perias butuh banyak warna dalam satu hari. Meski begitu, cream eyeshadow lebih tahan lama.

  1. Stick Eyeshadow

Seperti namanya, stick eyeshadow berbentuk layaknya krayon atau pensil sehingga cukup mudah diaplikasikan ke kelopak mata. Tekstur eyeshadow jenis ini mirip dengan tekstur cream eyeshadow.

Bahkan kadang jenis ini digunakan sebagai eyeliner. Biasanya stick eyeshadow dipakai di bagian lipatan mata.

Kekurangan stick eyshadow adalah harus rajin meraut karena ujungnya mudah tumpul. Selain itu warnanya meski pigmentasinya bagus, sulit dibaur dengan yang lain.

Itulah pengertian eyeshadow dan pressed powder eyeshadow. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.