Mengenal <i>Makeup</i> Primer, Rahasia Riasan Awet dengan Cara Aplikasi Lebih Sederhana
Ilustrasi mengenal makeup primer untuk kulit berminyak dan kulit kering (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Makeup primer adalah riasan yang dipakai sebelum Anda memakai perona mata, alas bedak, lipstik, maskara, dan bahkan cat kuku. Fungsinya, makeup primer untuk mengurangi jumlah riasan yang digunakan dan membuat cara mengaplikasikan riasan lebih mudah.

Makeup primer merupakan dasar untuk menyempurnakan banyak bagian guna kecantikan. Termasuk mata, wajah, bulu mata, bibir, dan kuku. Primer wajah salah satunya, digunakan untuk menghaluskan pori-pori, membuat dasar riasan tahan lama, mengatasi kulit berminyak, atau mencegah kilap berlebihan, tutur penata rias yang berbasis di New York City, Juliette Perreux.

makeup primer untuk kulit berminyak dan kulit kering
Ilustrasi mengenal makeup primer untuk kulit berminyak dan kulit kering (Freepik/jcomp)

Lindsey Trop, penata rias dilansir Byrdie, Senin, 6 Maret, menyarankan memakai makeup primer bagi Anda yang berkulit kering, kulit berminyak, kulit kusam, jerawat, mencegah hiperpigmentasi, dan polutan. Berdasarkan pemakaian, terdapat delapan jenis makeup primer, diantaranya sebagai berikut:

1. Mattifying

Jika Anda memiliki kulit berminyak, primer mattifying menjadi pilihan tepat untuk memperpanjang waktu alas bedak menempel. Kalau saran Trop, pilihlah yang berbahan dasar silicon karena menciptakan penampilan lebih matte dan mengaburkan pori-pori besar.

2. Primer wajah yang menghidrasi

Berbeda dengan kulit wajah berminyak, untuk kulit wajah kering pakailah primer yang menghidrasi. Bagi Anda yang memakai skincare dengan kandungan asam hialuronat dan antioksidan, jenis makeup primer yang menghidrasi akan cocok. Tetapi hindari primer berbasis silikon bagi kulit kering, karena tak akan mengatasi keluhan ini.

makeup primer untuk kulit berminyak dan kulit kering
Ilustrasi mengenal makeup primer untuk kulit berminyak dan kulit kering (Freepik)

3. Primer pengoreksi warna

Warna primer dirancang untuk menetralkan warna kulit yang mendasarinya. Misalnya, primer hijau untuk mengoreksi kemerahan sementara primer biru untuk mengimbangi tone pucat atau kuning.

4. Blurring primer

Blurring primer, menurut Perreux, lebih sedikit matte dan menghaluskan. Primer jenis ini ideal untuk kulit dewasa, menyamarkan garis-garis halus dan kerutan.

5. Eyeshadow primer

Saat matahari sedang terik-teriknya, eyeshadow rawan luntur. Apalagi jika Anda memakai perias mata saat gym atau pada saat hari hujan. Primer sederhana bisa memperbaiki masalah ini. Kalau kata Trop, primer mata tak hanya dapat mengoreksi warna kelopak mata sebelum mengaplikasikan riasan. Bahkan primer ini dapat menutrisi dan menghaluskan kelopak mata.

makeup primer untuk kulit berminyak dan kulit kering
Ilustrasi mengenal makeup primer untuk kulit berminyak dan kulit kering (Freepik)

6. Primer maskara

Memiliki masalah dengan bulu mata, bukan kendala besar untuk tampil cantik. Jika Anda mengalaminya, cobalah primer maskara yang dibuat dari bahan bermanfaat untuk mengkondisikan bulu mata, menambah volume, dan panjang bulu mata.

7. Primer bibir

Tidak setiap riasan membutuhkan primer bibir. Tetapi jika suka mempercantik bibir dan ingin warna menempel sepanjang hari, maka primer bibir kuncinya. Karena riasan basic ini dapat menahan warna lebih lama, cocok dikenakan di bawah bibir cair matte dengan bentuk bibir tebal.

8. Primer cat kuku

Bagi Anda yang suka mewarnai kuku, tambahkan primer agar cat kuku terlihat bagus lebih lama. Seperti primer lainnya, primer kuku membangun lapisan dasar yang halus dan membantu cat kuku merekat merata.

Cara mengaplikasikan makeup primer untuk wajah, perlu dilakukan secara berurutan setelah memakai pelembap. Kemudian aplikasikan makeup primer tipis-tipis dengan jari atau spons. Setelah diaplikasikan, biarkan primer mengering lalu sapukan alas bedak. Kuncinya, pastikan primer yang dipakai memiliki formula yang melengkapi alas bedak Anda. Misalnya, jika primer berbasis silikon maka pilih alas bedak yang berbasis silikon juga agar tidak menggumpal.