6 Kesalahan Pola Tidur yang Bisa Sebabkan Wajah Kamu Berjerawat
Ilustrasi (Anna Nekrashevic/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki wajah berjerawat tentu sangat mengganggu. Tak peduli seberapa besar upaya yang Anda lakukan untuk mencegahnya muncul, jerawat punya celah tersendiri untuk sesekali datang bertamu.

Stres, pola makan kurang sehat, hingga penggunaan produk skincare dengan tinggi kandungan bahan kimia bisa jadi penyebab timbulnya jerawat wajah. Tak cukup sampai disitu, ada lagi satu penyebab yang sering terlupakan yaitu pola tidur. Pola tidur yang salah dapat memengaruhi kondisi kulit dan menyebabkan jerawat. Melansir Times of India, Kamis, 12 Januari, berikut ulasannya, seperti dijelaskan Dermatologis dari Tender Skin International, Dr. Sonia Tekchandani.

Jarang ganti sarung bantal

Mencuci dan mengganti sarung bantal secara teratur sama pentingnya dengan mencuci pakaian Anda sehari-hari. Tahukah Anda, sarung bantal merupakan sumber kuman dan bakteri. Saat Anda meletakkan wajah ke bantal, kuman serta bakteri yang ada di sarung akan berpindah ke kulit dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, pastikan mengganti sarung bantal Anda seminggu sekali untuk mencegah jerawat.

Tidur tanpa menghapus makeup

Setelah hari yang melelahkan, tidur tentu jadi hal yang paling diinginkan sampai menghapus makeup pun rasanya enggan dilakukan. Ingat, tidur dengan riasan yang masih menempel di wajah bisa merusak kulit. Residu riasan dapat menyumbat pori-pori sepanjang malam dan menyebabkan jerawat. Jadi, selelah apapun Anda, gunakan pembersih riasan yang lembut untuk membersihkan riasan dan tidurlah dengan kondisi kulit bersih.

Tidur tengkurap

Mungkin terdengar agak aneh, tetapi tidur tengkurap bisa menyebabkan jerawat. Saat tidur dalam posisi seperti ini, kulit wajah jadi bersentuhan langsung dengan sarung bantal dan terjadi gesekan antara kulit bersama sarung bantal sepanjang malam.

Menggunakan minyak rambut sepanjang malam

Minyak rambut bagus untuk rambut, tapi punya efek samping bagi kulit wajah. Orang dengan kulit wajah berminyak sebaiknya tidak tidur dengan memakai minyak rambut. Karena minyak bisa menetes ke wajah dan kelebihan sebum sebabkan jerawat pada kulit. Jika Anda ingin menutrisi rambut, lakukan pijatan dengan minyak dan diamkan selama dua jam sebelum keramas.

Tidak membersihkan wajah dengan benar

Bahkan saat tidak menggunakan makeup, kulit menumpuk banyak kotoran sepanjang hari. Produk pelembab, tabir surya, dan polusi dapat menyumbat pori-pori dan sebabkan jerawat. Untuk itu, penting gunakan pencuci muka pada malam hari sebelum tidur. Selalu cuci tangan Anda dengan benar sebelum mengoleskan sabun muka pada kulit. Metode double cleansing sangat bermanfaat untuk cegah timbulnya jerawat.

Mengeringkan wajah dengan handuk kotor

Anda mungkin sudah menggunakan produk skincare yang tepat dan cara yang pas untuk membersihkan kulit. Tapi jika Anda menyeka wajah dengan handuk atau waslap kotor, tentu jerawat bisa muncul. Handuk atau waslap harus dicuci dan diganti secara teratur demi menghindari jerawat, karena merupakan tempat berkembang biaknya bakteri. Siapkan 2-3 handuk dan gunakan sebagai alternatif sebelum Anda tidur untuk memastikan kulit bebas jerawat.