Selain <i>Skincare</i>, Posisi Tidur Ternyata Juga Bisa Berdampak Pada Kecantikan Kulit
Ilustrasi (Bruce Mars/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Orang biasanya akan mengaitkan kecantikan kulit dengan durasi tidur yang cukup. Namun, apa jadinya jika kulit sehat yang didambakan tak kunjung didapat karena posisi tidur yang salah?

Ya, selain durasi tidur yang cukup ternyata da jenis posisi tidur yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, terutama area wajah. Posisi tidur yang buruk bisa berdampak pada kulit dan menyebabkan jerawat hingga munculnya tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput. 

Melansir laman Times of India, Selasa, 27 Juli, berikut posisi tidur yang bisa memengaruhi kecantikan kulit.

Tidur memeluk bantal

Tidur telentang merupakan cara terbaik untuk tidur. Mempertahankan posisi tidur dengan ketinggian 20-30 derajat dapat membuat cairan di dalam tubuh mengalir dengan baik. Tapi sayangnya, banyak yang merasa nyaman dengan posisi tidur menyamping atau tengkurap.

Tanpa sadar hal ini akan membuat wajah terdorong dan tertekan ke bantal. Di mana sarungnya mengandung bakteri atau bahkan bekas produk perawan dan makeup yang menempel di atasnya. Solusi terbaik yang bisa dilakukan ialah rutin mengganti sarung bantal. Sarung bantal yang kotor bisa menyebabkan kulit berjerawat atau bahkan muncul ruam pada kulit. 

Tidur tengkurap

Posisi tidur ini mungkin paling disukai banyak orang tapi sebenarnya paling buruk juga bagi kesehatan kulit. Dengan tidur tengkurap itu artinya Anda tidak membiarkan sirkulasi berjalan lancar serta menghalangi folikel pada kulit. Kalau dibiarkan terus-menerus, hal ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat, berjerawat, dan muncul garis halus pada kulit. 

Hal ini juga bisa menyebabkan mata bengkak dan munculnya kantung mata, karena wajah tertekan ke bantal selama 8 jam. 

Tidur miring

Selanjutnya ialah jenis posisi tidur miring. Posisi ini menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada kulit, dibandingkan posisi lainnya. Namun, posisi ini juga bukan yang ideal untuk dilakukan.

Saat tidur miring, Anda memberi banyak tekanan pada satu sisi. Hal ini bisa meratakan tulang pipi dan memicu kerutan di samping karena semua gesekan dan tekanan.

Selain itu, saat mengaplikasikan skincare malam, semua bahan tidak terserap baik pada kulit, karena sebagian lainnya menempel pada bantal.