<i>Beauty Sleep</i>, Cara Mudah Tampil Awet Muda
Ilustrasi Beauty Sleep (Damir Spanic/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tidur merupakan hal yang paling sering disebut untuk menjaga tingkat stres, emosi, bahkan kecantikan.

Ya selain jadi kunci kesehatan, tidur cukup juga diklaim mampu menjaga kecantikan wajah. Tidak heran jika seringkali orang menyebutnya dengan beauty sleep atau tidur cantik.

Michael Breus, Ph.D seorang sleep specialist di MD Clinic mengatakan bahwa tidur kurang dari 6 jam per malam bisa berdampak pada penampilan.

Tidur malam merupakan saat di mana kulit bekerja dan memperbaiki sel-sel rusak. Orang yang memiliki kebiasaan tidur larut bahkan menjelang pagi bisa mengalami penuaan dini lebih cepat.

Dengan demikian, jika kualitas dan kuantitas tidur berkurang, otomatis kulit wajah akan tampak kusam dan biasanya terlihat kering. Setidaknya, seseorang butuh waktu tidur sekitar 7-9 jam per malam untuk mendapatkan manfaat kecantikan.

Dengan kesibukan sehari-hari, terkadang sulit untuk mendapatkan total tidur malam 8 jam dan menebusnya dengan tidur siang di tengah WFH yang dijalani saat ini. Rupanya, tidur siang tidak bisa menutupi kekurangan jam tidur malam.

Menurut dr. Juliana Yu MD.H, NH dokter kulit dan beauty expert dari klinik House of Skinovation, Jakarta, seperti dikutip dari Femina menjelaskan bahwa tidur siang berfungsi untuk mengganti oksigen yang menurun di tubuh kita.

“Tidur siang bisa membantu menekan stres, namun tidak dapat menggantikan tidur malam yang berfungsi sebagai media detoksifikasi alami tubuh kita," jelasnya.

Selain tidur cukup, produk perawatan kecantikan pun berperan penting dalam menghasilkan wajah tampak awet muda. Produk perawatan dengan Vitamin C biasanya digunakan siang hari untuk perlindungan terhadap paparan sinar UV.

"Sementara, untuk malam hari Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit dengan kadar anti oksidan tinggi,” tambah Juliana.

Patricia Wexler, MD, dermatologist di New York mengatakan bahwa melakukan perawatan wajah di malam hari menjadi kunci utama. Mengapa? Sebab kulit melakukan perbaikan saat Anda tidur.

“Aliran darah juga lebih konsisten sehingga membantu kulit mendapatkan manfaat dari bahan-bahan yang ada dalam produk kecantikan.” jelas Wexler.

Ritual kecantikan malam bisa dimulai dari cleansing-toner-serum-dan ditutup dengan krim malam. Karena kulit kehilangan lebih banyak air saat tidur malam, maka krim dengan kandungan pelembab tinggi sangat direkomendasikan.

Jangan biarkan wajah Anda ‘telanjang’ saat malam hari, karena kulit membutuhkan nutrisi juga sesuai dengan kondisi kulit.