Cara Awet Muda dengan Mudah, Murah, dan Alamiah
Ilustrasi (Raga Granada/VOI)

Bagikan:

Lewat artikel "Jerat Produk Kecantikan Abal-Abal, Bagaimana Cara Menghindarinya?" kita sudah memahami bagaimana memilih produk dan klinik kecantikan yang aman. Mungkin banyak yang beranggapan dalam merawat kecantikan apalagi agar terlihat tetap muda perlu biaya mahal. Padahal dalam praktiknya tidak selalu demikian. Tulisan Seri khas VOI "Jadi Muda Abadi" selanjutnya, tentang cara mudah, murah, dan alamiah awet muda.

 

Awet muda adalah dambaan semua orang. Kesan itu kerap dilanggengkan oleh citra televisi tanah air terhadap wanita. Kulit putih dan tubuh langsing jadi suatu keharusan. Tak pelak, berbagai cara rela dilakukan tiap orang yang ingin memaksimalkan penampilannya. Apalagi bagi mereka yang sudah berumur bakal rela merogoh kocek dalam-dalam demi menolak tua. Pertanyaannya, apakah menjadi awet muda harus selalu mahal? Bisakah menjadi awet muda dengan mudah, murah, dan alamiah? 

Stigma menjadi cantik itu mahal memang kerap diglorifikasi lewat televisi dan internet pada masa kini. Para selebritas tanah air jadi aktor utamanya. Mereka bukan cuma dituntut harus memiliki bakat, tetapi juga harus tampil rupawan. Sebab, itu menjadi salah satu kunci eksistensi abad ini.

Untuk itu, tak sedikit selebritas kemudian berlomba-lomba merawat kecantikan dengan perawatan paling mutakhir dengan harga selangit. Merogoh kocek puluhan sampai ratusan juta bukan hal yang mencengangkan lagi untuk mewujudkannya. 

Misalnya saja perawatan kecantikan yang dilakukan Pedangdut Inul Daratista. Pedangdut yang terkenal lewat goyang ngebor ini dikenal royal membelanjakan uangnya untuk melakukan berbagai macam perawatan wajah dan tubuh.

Ilustrasi (Sumber: Unsplash)

Untuk menunjang penampilannya, Inul Daratista rajin merawat tubuhnya. Serangkaian perawatan di klinik kecantikan jadi rutinitasnya. Bahkan Inul Daratista pernah pula menggunakan masker berlian dan juga emas sebagai salah satu rangkaian perawatan.

"Insya Allah (ratusan juta). Enggak sampai miliaran kok. Banyak ya? Iya maskernya saja berapa, mau diamond, masker emas, haduh banyak ya. Tapi saya dibayar mahal untuk sebagai penyanyi, makanya kita berikan pelayanan yang baik. Dari rambut hingga kuku semua sudah saya siapkan supaya tampil beda," ujar Inul Daratista dikutip Liputan6.  

Tak hanya Inul, Krisdayanti (KD) yang sering dijuluki Diva Pop Indonesia juga rutin menjaga penampilan dengan rutin mengunjungi klinik kecantikan. Bahkan hingga sampai ke Jerman. 

Salah satu perawatan mahal yang dilakukan KD adalah fresh cell theraphy. Sekali melakukan perawatan, Rp185 juta rupiah bisa digelontorkan. Lebih lagi, perawatan saat melakukan satu kali show di tanah air bisa mencapai lebih dari Rp 50 juta.

"Make-up ke salon sih jarang. Seringnya make-up untuk show. Sebulan bisa sepuluh kali, lumayan. Salah ya (Rp 50 juta). Kadang lebih (dari Rp 50 juta),” ujar KD dikutip Tabloidbintang.

Tak harus mahal

Banyak cara yang dilakukan untuk tampil cantik tanpa harus membaar mahal. Pernyataan itu diungkap langsung oleh Dokter Kecantikan, Indah Roswita Sari. 

Selain memakai produk perawatan wajah (skincare) yang cocok, faktor yang paling penting adalah bagaimana seseorang dapat menghindari stres, tidur yang cukup, self happy, olahraga yang cukup, makan yang bernutrisi dan selalu berpikiran positif. Sederet hal itu bahkan dapat dilakukan tanpa biaya. Asal ada kemauan dalam mempelajari dan mencintai diri sendiri.

Infografik (VOI/Raga Granada)

Menurut Indah awet mudah dengan cara alami bukan suatu pepesan kosong belaka. Hal itu jadi memungkinkan jika seseorang berada di daerah yang tak berpolusi asap rokok, asap kendaraan, dan lain sebagainya. Lantaran polusi jadi penyebab utama yang dapat merusak kulit dan menjadikannya tak sehat. 

Apalagi, kondisi berpolusi itu diperparah dengan paparan sinar matahari atau sinar UV yang dapat merusak aging kulit kita. Jadi, seseorang membutuhkan skincare yang mengandung SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV. Fungsinya agar aging kulit jadi melambat.

Untuk menunjang hal itu, perawatan luar dan dalam harus dilakukan. keduanya harus secara berkelanjutan dilakukan. Olahraga yang cukup (Kardio dan beban) dan makan makanan sehat tinggi dapat menjadi peluru untuk awet muda. Utamanya, makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi tinggi, seperti buah-buahan dan sayuran.

“Makanan yang mengandung nutrisi (vitamin dan mineral) seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Lalu makanan yang mengadung prebiotik dan probiotik bisa membantu memperbaiki pencernaan dan penyerapan usus kita terhadap vitamin dan mineral yang kita makan dan minum. Hal itu dapat menghasilkan metabolisme tubuh yang baik pula dan membuat kulit kita tampak awet muda,” cerita Indah kepada VOI, Rabu, 7 April.

Narasi yang diungkap oleh Indah tampak senada dengan studi yang dilakukan oleh tim peneliti gabungan dari Humboldt State University dan University of Colorado di Boulder, Amerika Serikat. Dalam penelitian yang dipublikasi dalam jurnal PloS One mengungkap kunci awet muda adalah olahraga kardio, olahraga lari. Yang mana, penelitian itu membuktikan bahwa efisiensi metabolisme orang berumur di atas 60 tahun akan terlihat seperti remaja jika rutin berlari.

Pemimpin Penelitian, Justus Ortega mengatakan orang paruh baya yang rutin berlari juga akan terhindar dari penurunan efisiensi jalan karena penurunan kondisi fisik yang menua. Dalam konteks itu, metabolisme pelari usia lanjut lebih efisien 7-10 persen dibanding orang tua yang memilih jalan kaki sebagai olahraga. "Tingkat efisiensinya mirip dengan anak muda berusia 20-an," kata Ortega dikutip Tempo.