Yoga Wajah, Cara Praktis Bikin Tampilan Selalu Awet Muda
Ilustrasi (Anastasia Shuraev/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam menjaga kesehatan fisik agar tetap prima, banyak orang rela pergi ke gym, ikut kelas yoga, atau melakukan aktivitas apapun yang berhubungan dengan fisik. Namun demikian, seringkali mereka kerap mengabaikan fakta bahwa wajah juga membutuhkan olahraga secara teratur agar lebih kencang.

Setidaknya ada 42 otot wajah yang membantu menghasilkan senyum serta beberapa ekspresi wajah lainnya. Jadi, menjaga kekencangan otot-otot ini sangat penting jika Anda ingin terlihat awet muda dan menunda penuaan.

Melansir Times of India, Selasa, 21 Februari, saat ini yoga wajah tengah digandrungi pemerhati kecantikan sebagai cara mudah menjaga otot wajah. Bahkan, banyak yang mengklaim bahwa jika dilakukan dengan benar dan konsisten, yoga wajah sama efektifnya dengan Botox.

Praktik yoga wajah sudah ada bertahun-tahun. Meski progresnya tidak instan, tapi hasilnya sangat efektif dan tahan lama. Bagian terbaik dari yoga wajah adalah Anda dapat berlatih kapan saja dan dimana saja.

Latihan pertama bisa dengan mengucapkan huruf vokal A, E, I, O, dan U. Ucapkan vokal dengan keras, kencangkan otot wajah dan leher Anda saat melakukannya. Ucapkan lima vokal tersebut sebanyak 10 kali setiap hari untuk memulai. Kemudian secara bertahap tingkatkan jumlahnya menjadi 20 hingga 30 kali per hari.

Latihan kedua yang bisa Anda lakukan adalah memposisikan kepalan tangan tertutup di bawah dagu. Coba tutup mulut Anda dengan kepalan tangan saat mencoba membukanya. Ini adalah latihan yang fantastis untuk menghilangkan double chin. Saat Anda mulai melakukannya, garis rahang akan mulai terasa tertekan. Punya garis rahang ideal? Siapa yang tak menginginkannya?

Ketiga, Anda bisa coba letakkan ketiga jari (jari telunjuk, tengah, dan manis) di bawah alis. Dorong alis ke atas dengan jari hingga mata terbuka sambil tersenyum. Kemudian tutup mata dan putar bola mata Anda. Tahan selama 20 detik dan tetap tersenyum. Lepaskan dan ulangi sebanyak tiga kali.

Jika Anda khawatir dengan garis tawa yang akan semakin tampak seiring bertambahnya usia. Maka solusi sempurna untuk mengurangi garis tawa adalah dengan tersenyum selebar mungkin, tanpa perlu menunjukkan gigi. Taruh kedua jari telunjuk di ujung bibir dan tarik otot wajah ke atas hingga ke tulang pipi dan sudut mata. Tahan selama 20 detik dan rasakan otot-otot pipi yang menegang. Ulangi gerakan tersebut sebanyak tiga kali.

Sebelum melakukan yoga, penting untuk mengoleskan pelembab atau minyak wajah terutama di sekitar pipi dan leher. Pasalnya jika tidak diberi kelembapan, kulit Anda akan tertarik ke bawah dan menjadi kendur.

Latihan lain yang bisa Anda coba adalah meletakkan ibu jari di bawah dagu dan memijat pipi dengan gerakan ke atas (berakhir di pelipis) menggunakan jari tangan. Ulangi gerakan ini sebanyak lima kali. Gerakan ini bisa membantu menghaluskan garis senyum dan meningkatkan sirkulasi darah.