Bagikan:

JAKARTA - Pernahkah Anda merasa minder dengan salah satu bentuk tubuh Anda? Atau apakah saat bercermin, Anda sering merasa tidak puas dengan penampilan Anda? Sikap yang selalu berpikir negatif seperti itu semakin membuat kepercayaan diri menurun dan akan berdampak bagi kesehatan mental.

Alangkah baiknya Anda bisa menerapkan body positivity, yakni pola pikir yang positif bahwa siapapun berhak mempunyai pandangan baik atas tubuhnya. Perasaan minder atau stres karena bentuk tubuh sendiri bisa dicegah dengan body positivity, berikut lima cara menumbuhkan body positivity dalam diri.

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Saat Anda terus menerus ditunjukkan pada sosok tubuh yang sempurna melalui televisi, media sosial, dan sampul majalah. Tentu akan sangat mudah bagi Anda membandingkan diri sendiri dengan sosok yang dilihat tersebut.

Media sosial berperan besar orang jadi suka membandingkan diri dengan orang lain. Menurut sebuah studi tahun 2021, merangkum PsychCentral, Rabu, 15 Februari, media sosial terbukti menurunkan rasa percaya diri tentang penampilan pada perempuan usia 15-30 tahun. Peneliti juga menemukan bahwa melihat postingan orang lain di media sosial dapat menurunkan rasa nyaman seseorang pada dirinya sendiri.

Lakukan aktivitas yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri

Melakukan aktivitas yang tidak membuat Anda senang pada diri sendiri seperti mengeluh tentang kekurangan tubuh dan berusaha menjadi orang lain dapat memengaruhi kesehatan mental Anda. Cobalah untuk mengganti aktivitas tersebut dengan aktivitas yang Anda sukai, seperti melakukan yoga atau melakukan rutinitas perawatan kulit.

Anda juga bisa menerapkan pemikiran ini pada pakaian. Saat mengenakan pakaian yang membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Ini artinya Anda membangun kepercayaan diri dan melihat tubuh Anda dengan cara yang berbeda.

Temukan inspirasi sosok orang yang memiliki tubuh yang mirip dengan Anda

Salah satu cara berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain di media sosial adalah dengan mencari sosok inspirasi yang memiliki tubuh menyerupai Anda. Pertimbangkan untuk berhenti mengikuti akun orang membuat Anda merasa negatif terhadap diri sendiri, dan gantilah dengan pembuat konten yang bisa membangkitkan semangat dan rasa percaya diri Anda.

Menurut sebuah studi tahun 2019 yang dilakukan pada wanita berusia 18 hingga 30 tahun. Konten positif tubuh di media sosial dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan citra tubuh wanita muda.

Menghargai hal-hal luar biasa yang mampu dilakukan tubuh 

Tujuan tubuh Anda diciptakan bukanlah untuk terlihat dengan baik maupun buruk. Sebaliknya, tubuh diciptakan untuk melaksanakan fungsi-fungsi tertentu. Beberapa bagian tubuh mungkin memiliki keterbatasan fisik, namun itu bukanlah masalah. Berfokuslah pada apa yang dapat dilakukan tubuh Anda, bukan pada tampilannya atau hal-hal yang tidak dapat dilakukannya. Ketika Anda memikirkan hal-hal luar biasa yang dapat dilakukan tubuh Anda setiap hari, maka penampilan fisik menjadi  yang sepele.

Ubah self-talk negatif menjadi self-talk positif

Apa yang Anda katakan pada diri sendiri itu penting. Berbicara negatif tentang tubuh tidak membantu, terutama terkait dengan hal-hal yang tidak dapat diubah. Perlahan, berusahalah menerima dan mencintai kekurangan tubuh. Percayalah, Anda itu unik tak peduli apapun dan bagaimana bentuk tubuh Anda.