Tak Melulu Positif, Ini Makna Warna Hijau dalam Psikologi Warna
Ilustrasi warna hijau (chiplanay/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam psikologi warna (color psychology), warna hijau digambarkan sebagai warna yang menyegarkan dan menenangkan karena memiliki asosiasi yang kuat dengan alam dan mengingatkan pada rerumputan, pepohonan, dan hutan yang rimbun. Selain itu, warna hijau juga kerap diasosiasikan dengan uang, keberuntungan, kesehatan, dan diri hati. Lantas, apa makna warna hijau dalam psikologi warna?

Makna Warna Hijau dalam Psikologi

Dalam color psychology, warna yang terdiri dari panjang gelombang panjang dianggap "membangkitkan atau hangat". Sedangkan warna seperti hijau yang memiliki panjang gelombang lebih pendek dianggap "santai atau sejuk".

Dikutip dari laman Very Well Mind, Minggu, 19 Februari 2023, berikut makna warna hijau dalam dunia psikologi warna:

  1. Menenangkan

Nuansa hijau dapat membantu membuat orang merasa nyaman di tempat baru. Karena alasan ini, desainer sering menonjolkan warna hijau di ruang publik seperti restoran dan hotel.

Sebuah penelitian menemukan “efek olahraga hijau” pada subjek yang berolahraga di dalam ruangan sembari menonton video di luar ruangan dengan overlay hijau, mengalami lebih sedikit gangguan suasana hati dan merasakan lebih sedikit tenaga daripada mereka menonton video yang sama dengan overlay merah atau abu-abu.

  1. Alami

Efek menenangkan warna hijau mungkin berasal dari asosiasinya dengan alam. Beberapa peneliti berpendapat bahwa hubungan positif dengan warna hijau tertanam dalam otak kita sejak evolusi.

Manusia purba mengetahui bahwa warna hijau di alam menunjukkan tempat di mana mereka dapat menemukan makanan, air, dan tempat berlindung.

Dalam mitologi kuno, orang Yunani menggambarkan Osiris, dewa kehidupan, dengan wajah hijau. Osiris dianggap bertanggung atas kesuburan dari tumbuhan-tumbuhan yang ada di sekitar sungai.

  1. Memotivasi

Selain dianggap sebagai warna yang menenangkan, hijau juga diartikan sebagai warna yang memotivasi.

Sebuah riset menemukan bahwa orang yang berprestasi lebih konsisten memilih warna hijau ketimbang warna merah, yang kerap dipilih oleh mereka yang prestasinya rendah.

Subjek penelitian juga menghubungkan kata-kata yang berkaitan dengan kegagalan dengan warna merah, dan kata-kata terkait sukses dengan warna hijau.

Studi lain menunjukkan bahwa kreativitas cenderung meningkat ketika orang dikelilingi oleh tanaman hijau da memiliki akses ke pemandangan alam yang hijau.

  1. Optimis

Warna tidak hanya memengaruhi emosi, tetapi juga ingatan seseorang. Menurut penelitian, seseorang cenderung mengingat kata-kata positif yang ditulis dengan warna hijau. Hasil riset ini membuat para peneliti berteori bahwa hijau membawa konotasi emosional yang lebih positif. Dengan demikian, warna hijau mungkin menimbulkan bias optimisme saat mengingat informasi.

  1. Iri hati

Selain dikaitkan dengan perasaan positif, makna warna hijau juga menunjukkan kecemburuan, iri hati, dan kebohongan.

Unsur negatif lainnya, warna hijau juga menandakan perasaan jenuh, serta dapat melemahkan pikiran dan fisik.

Makna Warna Hijau Berdasarkan Jenisnya

Masih dari Very Well Mind, makna warna hijau dapat bervariasi, tergantung dengan jenisnya, seperti:

  • Hijau terang: Kelahiran kembali, musim semi
  • Hijau zaitun: Ketenangan, membumi, keanggunan
  • Hijau tua: Kesuburan, keserakahan, uang, dorongan
  • Hijau kekuningan: Penyakit, iri hati, pembusukan
  • Hijau Aqua: Kebersihan, kesegaran, air
  • Hijau pucat: Damai

Demikian informasi tentang makna warna hijau dalam psikologi warna. Dapatkan update berita terkini hanya di VOI.ID.