Mengenal Tingkatan Sabuk Taekwondo, Setiap Warna Memiliki Makna Mendalam
Andi Sultan (Foto: Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Taekwondo menjadi salah satu olahraga beladiri yang banyak digemari di Indonesia. Beladiri asal Korea ini diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Di dalam taekwondo terdapat tingkatan sabuk yang dibedakan dari warna-warni. Apa saja tingkatan sabuk taekwondo?

Pembagian tingkat dalam taekwondo sendiri untuk membedakan tingkatkan keahlian dan teknik yang dikuasai oleh taekwondoin. pembagiannya dari taekwondoin pemula atau teknik paling rendah, hingga takwondoin dengan keahlian paling tinggi. Setiap tingkatan warna sabuk taekwondo memiliki makna atau filosofi tersendiri. 

Lalu apa saja tingkatan sabuk taekwondo, warna-warna sabuknya, hingga filosofinya?.

Urutan Tingkatan Sabuk Taekwondo

Tingkat terendah dalam taekwondo memakai sabuk berwarna putih untuk pemula (Geup 10). Lalu semakin gelap sabuk taekwondo, maka tingkatnya semakin tinggi. Tingkatan paling tinggi adalah sabuk hitam dengan 8 strip putih (Dan IX). 

Sabuk taekwondo putih

Sabuk putih adalah level dasar atau pemula dalam Taekwondo. Sabuk warna putih memiliki makna kesucian, yang artinya awal atau dasar dari semua warna. 

Para taekwondoin yang baru belajar teknik dasar akan memakai sabuk putih. Dalam taekwondo internasional, sabuk putih diberi istilah level Geup 10.

Sabuk taekwondo kuning

Setelah taekwondoin lulus atau naik dari sabuk putih, tingkat selanjutnya adalah sabuk kuning polos (Geup 9). Sabuk warna kuning memiliki makna bumi, yang artinya sebagai tempat menanam dasar-dasar taekwondo. 

Kemudian ketika naik ke level selanjutnya, taekwondoin akan berganti memakai sabuk warna kuning strip hijau (Geup 8).

Sabuk taekwondo hijau

Tingkatan selanjutnya dalam taekwondo adalah sabuk hijau polos (Geup 7). Sabuk warna hijau memiliki makna pepohonan, yang artinya masa pertumbuhan atau pengembangan teknik-teknik dasar dalam diri taekwondoin. 

Pada level taekwondoin ini akan dipelajari di antaranya dengan mempelajari jurus taeguk 2. Saat akan naik level, taekwondoin akan memakai sabuk hijau strip biru (Geup 6).

Sabuk taekwondo biru

Tingkatan selanjutnya adalah sabuk biru polos (Geup 6). Sabuk warna biru memiliki makna langit, yang artinya terbentang luas dan tak melebihi ketinggian. Tingkatan ini juga taekwondoin yang terus bertumbuh. 

Taekwondoin yang berada di tingkat sabuk biru memiliki kekuatan yang stabil, baik fisik maupun mentalnya. Kemudian saat akan berganti ke tingkat berikutnya, taekwondoin terlebih dahulu akan memakai sabuk biru strip merah (Geup 4).

Sabuk taekwondo merah

Tingkatan selanjutnya adalah sabuk merah polos (Geup 3). Sabuk warna merah polos memiliki makna matahari yang bersinar. Pada level ini seorang taekwondoin belajar untuk mulai belajar mengendalikan kekuatannya agar tidak membahayakan orang lain. 

Teknik, ilmu, dan kemampuan fisiknya taekwondoin terus meningkat, tapi harus bisa mengendalikannya. Lalu saat beralih ke level selanjutnya, taekwondoin harus terlebih dahulu memakai sabuk merah dengan satu strip hitam (Geup 2). Setelah itu akan meningkat lagi ke sabuk merah dengan dua strip hitam (Geup 1).

Sabuk taekwondo hitam

Sabuk hitam adalah tingkat tertinggi dalam taekwondo. Sabuk warna hitam memiliki makna bayangan yang menatap matahari. Tingkat ini menggambarkan puncak keahlian, yang berarti seorang taekwondo memiliki, kedalaman, kesiapan dalam berlatih teknik-teknik. 

Pada level ini seorang taekwondoin mudah untuk mengontrol dan selalu mempikirkan menularkan kebaikan, serta menciptakan generasi penerus taekwondoin. Ketika sudah mengenakan sabuk hitam, seorang taekwondoin tidak lagi disebut Geup, melainkan berganti DAN. 

DAN dalam taekwondo terdiri dari beberapa tingkatan yang dilambangkan dengan jumlah strip berwarna putih pada sabuk hitam. Berikut pembagian DAN tingkatan:

  • DAN I (Il DAN): sabuk hitam polos
  • DAN II (Yi DAN): sabuk hitam dengan 1 strip putih
  • DAN III (Sam DAN): sabuk hitam dengan 2 strip putih
  • DAN IV (Sa DAN): sabuk hitam dengan 3 strip putih
  • DAN V (Oh DAN): sabuk hitam dengan 4 strip putih
  • DAN VI (Yuk DAN): sabuk hitam dengan 5 strip putih
  • DAN VII (Chil DAN): sabuk hitam dengan 6 strip putih
  • DAN VIII (Pal DAN): sabuk hitam dengan 7 strip putih
  • DAN IX (Gu DAN): sabuk hitam dengan 8 strip putih

Taekwondoin yang sudah di tingkat DAN I sampai DAN V disebut sebagai Master atau Yudanja. Untuk tingkat DAN VI sampai DAN IX disebut Grand Master atau Kudanja. Setelah DAN IX masih ada level DAN X. 

Gelar DAN dalam taekwondo tidak berbentuk sabuk taekwondo, melainkan berupa sertifikat. Sertifikat DAN diterbitkan oleh organisasi Kukkiwon. Kukiwon hanya memberikan sertifikat Dan X kepada orang-orang yang memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pengembangan taekwondo di dunia.

Itu tadi penjelasan mengenai tingkatan sabuk taekwondo. Jika kamu baru ingin mengikuti beladiri taekwondo, kamu akan mengenakan sabuk putih polos. Tingkatan demi tingkatan sabuk akan kamu peroleh tergantung bagaimana perkembangan kamu belajar taekwondo. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.