Resmi Sandang Dan-9 Sabuk Hitam Taekwondo, Donald Trump Sejajar dengan Presiden Rusia Vladimir Putin
Donald Trump bersama Presiden Kukkiwon Lee Dong-sup, saat menerima sabuk hitam Taekwondo. (Sumber: Facebook/Kukkiwon_tkd)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump resmi menyandang gelar Dan-9 sabuk hitam Taekwondo, menjadikan dirinya kini sejajar dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, menyebut akan menggunakan seragam Taekwondo di Kongres Amerika Serikat.

Kukkiwon, juga dikenal sebagai Markas Besar Taekwondo Dunia, dan rumah bagi Akademi Taekwondo Dunia, telah menganugerahi mantan Presiden AS Donald Trump sabuk Dan Hitam ke-9, tingkat tertinggi yang dapat dicapai oleh orang yang menekuni olahraga ini.

Presiden Kukkiwon Lee Dong-sup, mengunjungi Donald Trump di rumahnya di Mar-a-lago, Palm Beach, Florida akhir pekan kemarin untuk memberinya seragam taekwondo dan sabuk hitam yang didambakan.

"Saya mendengar bahwa Donald Trump sangat tertarik pada taekwondo," kata Lee, mengutip Daily Mail 22 November.

Diyakini, kunjungan dan pemberian sabuk hitam kehormatan untuk Donald Trump ini, diinisiasi oleh warga Korea Selatan di Amerika Serikat.

donald trump
Donald Trump saat menerima sabuk hitam Taekwondo. (Sumber: Facebook/Kukkiwon_tkd)

'Merupakan kesenangan dan kehormatan bagi saya untuk menerima sertifikat kehormatan ini. Taekwondo adalah seni bela diri yang hebat untuk melindungi diri sendiri di masa-masa ini," ujar Trump.

Selain itu, mantan presiden ini bersumpah dia akan mengenakan seragam Taekwondo di Kongres AS, jika dia kembali ke Gedung Putih di masa depan.

Untuk diketahui, dengan memeroleh penghargaan Dan-9 sabuk hitam Taekwondo ini, menjadikan Donald Trump sejajar dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang diberikan sabuk hitam dan menjadi grandmaster taekwondo selama kunjungan resmi ke Korea Selatan pada tahun 2013.

Meski tidak benar-benar berlatih taekwondo sendiri, Presiden Vladimir Putin juga berhasil mencapai peringkat yang didambakan.