Bagikan:

YOGYAKARTA – Tingkatan sabuk taekwondo ternyata memiliki warna dan arti filosofisnya masing-masing. Hal ini harus diketahui oleh atlet taekwondo baik di level pemula maupun level paling tinggi. Tingkatan dalam bela diri ini dilambangkan dengan warna sabuk yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut informasinya.

Tingkatan Sabuk Taekwondo

Secara umum, tingkatan sabuk taekwondo paling rendah adalah sabuk berwarna putih. Warna ini dugunakan oleh pemula, dasar, atau Geup 10. Berikut urutan tingkatan sabuk dalam bela diri taekwondo.

  1. Taekwondo Putih

Tingkat 10 jadi tingkat paling dasar dalam bela diri taekwondo. Biasanya diisi oleh pemula atau orang yang baru belajar bela diri ini. Warna sabuk yang digunakan adalah putih. Dalam tekwondo internasional, sabuk putih atau Geup 10 digunakan oleh atlet yang baru belajar teknik dasar seperti kuda-kuda. Sabuk taekwondo putih adalah melambangkan kesucian, awal, atau dasar bagi seluruh warna.

  1. Taekwondo Kuning

Tingkat 9 atau biasanya diisi oleh atlet yang baru belajar nilai-nilai dalam taekwondo. Warna sabuk yang digunakan adalah kuning polos yang melambangkan bumi sebagai tempat berpijak dan menanam.

Tingkat ini disebut Geup 9. Seorang taekwondoin diharuskan naik ke urutan sabuk selanjutnya yakni ke Geup 8 dengan sabuk berwarna kuning strip hijau.

  1. Taekwondo Hijau

Anggota taekwondo bisa menggunakan sabuk hijau setelah lulus dari tingkat sebelumnya. Di tingkat ini warga taekwondo akan mendapat sabuk berwarna hijau polos. Makna sabuk hijau di taekwondo melambangkan pepohonan. Di tingkat ini peserta akan belajar jurus-jurus dasar dalam bela diri.

Setelah naik ke Geup 8, taekwondoin mendapat sabuk hijau polos atau Geup 7. Taekwondoin akan mendapat sabuk hijau strip biru untuk masuk ke Geup 6.

  1. Taekwondo Biru

Setelah jurus dasar bisa dikuasai, warga taekwondo akan naik peringkat selanjutnya dengan mengenakan sabuk berwarna biru. Sabuk ini melambangkan kekuatan fisik dan mental yang stabil. Makna sabuk taekwondo warna biru adalah melambangkan bentangan luas langit dan menggambarkan bibit taekwondoin yang mengalami pertumbuhan.

Setelah naik ke Geup 6, taekwondoin akan mengenakan sabuk biru polos atau Geup 5. Namun untuk mencapai Geup 4 harus mengenakan sabuk biru strip merah.

  1. Taekwondo Merah

Di tingkat ini, pelajar taekwondo dianggap telah mampu mengendalikan kekuatan untuk tidak membahayakan orang lain. Warga taekwondo menggunakan sabuk merah yang melambangkan matahari. Teknik dan kemampuan fisik yang dimiliki peserta tingkat ini terus naik dan stabil.

Saat naik dari Geup 4, taekwondoin akan mendapat sabuk merah polos sebagai bukti telah naik ke Geup 3. Namun untuk naik ke Geup 2, sabuk taekwondo yang dikenakan adalah sabuk merah satu strip hitam atau Geup 2. Setelah itu taekwondoin akan naik lagi ke sabuk merah dengan dua strip hitam atau Geup 1.

  1. Taekwondo Merah

Pelajar taekwondo yang berada di posisi ini dianggap memiliki kedalaman ilmu dan kestabilan mental. Sabuk yang digunakan berwarna hitam yang berarti bayangan yang menyelimuti matahari. Selain itu sabuk hitam menggambarkan kematangan taekwondo. Seseorang yang ada di tahap ini dianggap mampu mengontrol diri dan menyebarkan kebaikan serta melahirkan generasi taekwondoin baru.

Di tingkat ini, taekwondoin tidak lagi menyandang Geup, melainkan DAN yang memiliki 9 tingkatan yakni sebagai berikut.

  • DAN I (Il DAN): sabuk hitam polos
  • DAN II (Yi DAN): sabuk hitam dengan 1 strip putih
  • DAN III (Sam DAN): sabuk hitam dengan 2 strip putih
  • DAN IV (Sa DAN): sabuk hitam dengan 3 strip putih
  • DAN V (Oh DAN): sabuk hitam dengan 4 strip putih
  • DAN VI (Yuk DAN): sabuk hitam dengan 5 strip putih
  • DAN VII (Chil DAN): sabuk hitam dengan 6 strip putih
  • DAN VIII (Pal DAN): sabuk hitam dengan 7 strip putih
  • DAN IX (Gu DAN): sabuk hitam dengan 8 strip putih

Itulah informasi terkait tingkatan sabuk taekwondo. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.