Catat ! Efek Gonta-ganti dan Waktu yang Tepat untuk Pemakaian Skincare
Ilustrasi skincare (pinterest)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menentukan produk dan jenis skincare yang cocok untuk kulit Anda memang bukan perkara mudah. Anda harus tahu berbagai tanda tidak cocok dengan produk skincare yang dipilih. Namun, terlalu sering ganti produk skincare juga tidak dianjurkan untuk dilakukan. Anda harus tahu efek gonta-ganti skincare khususnya pada kesehatan kulit.

Seperti diketahui, perawatan kulit bersifat kumulatif. Artinya hasil perawatan kulit didapat dari perawatan yang dilakukan dalam beberapa lama. Perawatan itu membutuhkan banyak upaya, salah satunya menggunakan skincare yang cocok.

Efek Gonta-ganti Skincare

Ada banyak alasan mengapa seseorang sering gonta-ganti skincare, misalnya rasa tidak sabar akan hasil yang didapatkan. Kebiasaan itu tidak seharusnya dilakukan karena akan memicu efek tertentu. Berikut ini efek sering ganti skincare untuk kulit.

  1. Tak Ada Perubahan Apapun pada Kulit

Ketidaksabaran seseorang dalam menggunakan skincare berdampak pada tidak ada perubahan apapun pada kulitnya. Apalagi jika pergantian skincare dilakukan dalam waktu yang singkat seperti seminggu atau dua minggu sekali.

Seperti dijelaskan sebelumnya, perawatan kulit bersifat kumulatif. Artinya butuh waktu yang panjang agar hasilnya bisa terlihat nyata di mata. Sedangkan pergantian skincare yang terlalu sering membuat kulit tak mendapatkan manfaat dari perawatan yang dilakukan.

  1. Muncul Jerawat

Kemunculan jerawat di kulit wajah sangat mungkin terjadi pada seseorang yang kerap gonta-ganti skincare. Hal ini terjadi karena berbagai faktor, misalnya skincare tertentu justru membuat pori-pori kulit tersumbat hingga memicu kotoran dan berakhir dengan jerawatan.

  1. Kulit Iritasi

Tidak semua skincare cocok untuk kulit Anda. Langkah gonta-ganti skincare biasanya didasarkan pada fomo di media sosial sehingga tidak memperhatikan kecocokan kulit dengan skincare yang dipilih. Hasilnya kulit bisa iritasi hingga kemerahan. Saat itu terjadi Anda harus memeriksakan kondisi kulit ke dokter spesialis.

  1. Resisten Kulit pada Produk Skincare

Kulit bisa mengalami resisten pada zat yang terkandung pada skincare. Hal itu terjadi karena saking lamanya kulit menerima zat tersebut sehingga terjadia penyesuaian diri pada kulit. Berbeda lagi jika pergantian skincare dilakukan secara tepat, misalnya dengan memberi jeda beberapa waktu untuk kulit beristirahat sehingga tak terjadi resisten zat tertentu.

Kapan Harus Ganti Skincare?

Meski gonta-ganti skincare tidak begitu disarankan, namun bukan berarti seseorang harus benar-benar menutup diri pada hal tersebut. Ada beberapa kondisi yang harus dipertimbangkan dalam memilih dan menggangi skincare agar kecantikan tetap terjaga yakni sebagai berikut, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Perubahan Cuaca

Cuaca adalah salah satu faktor terbesar yang ikut menentukan kesehatan kulit. Jika terjadi perubahan cuaca secara ekstrem pada lingkungan, maka bisa dipastikan skincare lama tidak banyak membantu melindungi kulit.

  1. Pertambahan Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit juga akan berubah. Tentu saja produk yang dipakai akan memiliki dampak yang berbeda. Disarankan untuk mengganti produk skincare sesuai dengan usia seseorang.

  1. Perubahan Hormon

Kondisi ini kerap terjadi pada wanita yakni pada saat mengandung. Bahkan ahli meminta agar masyarakat memperhatikan kandungan skincare yang tidak boleh untuk ibu hamil dengan alasan keamanan.

  1. Kebiasaan Baru

Jika Anda memiliki kebiasaan baru, misalnya mulai melakukan olahraga secara rutin mulai tahun ini, nampaknya bisa jadi salah satu pertimbangan untuk ganti skincare. Saat kebiasaan olahraga tersebut dilakukan berarti kondisi kulit akan semakin sering berminyak. Tentu saja Anda bisa memilih skincare yang cocok untuk kulit berminyak.

  1. Saran Dokter

Kondisi ini harus benar-benar diperhatikan. Saat mendapat rekomendasi dari dokter karena reaksi zat tertentu pada kulit, Anda harus benar-benar memperhatikannya agar tetap aman dan tak mengganggu kesehatan kulit Anda.

Itulah beberapa efek gonta-ganti skincare. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.